KPU sebut tak ada aturan larang Jokowi temui partai di Istana

Selasa, 6 Maret 2018 17:26 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
KPU sebut tak ada aturan larang Jokowi temui partai di Istana Ketua KPU Arief Budiman. ©2017 merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo belakangan ini melakukan pertemuan dengan beberapa partai politik. Parpol itu antara lain Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Perindo.

Hal itu pun menuai pro dan kontra. Sebab Jokowi dinilai memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan Pilpres 2019. Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki pandangan lain.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, tidak perlu mempermasalahkan pertemuan Jokowi dengan PSI dan Perindo. Pasalnya, tidak ada aturan yang melarang terjadinya pertemuan tersebut.

"Gak nanggapin. Enggak ada aturan itu. Siapa mau makan? Siapa bebas aja. Berhak saja siapapun (bertemu)," katanya di KPU RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga menjelaskan dalam pertemuan tersebut tidak membahas soal politik praktis. Dia menekankan partai datang ke Istana ingin bertemu dan menyatakan dukungan ke Jokowi.

"Pertemuan itu adalah lebih pada silaturahmi. Enggak ada hal yang berkaitan dengan pembahasan politik praktis," kata Pramono, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2).

Dia menjelaskan, pada pertemuan dengan beberapa partai di Istana adalah pembahasan terkait perkenalan diri. Serta memberikan dukungan ke Jokowi.

"Tetapi Presiden sama sekali tidak ikut dalam persoalan pembahasan yang bersifat politik atau konsolidasi atau apapun. Dan itu diberlakukan sama dengan semuanya," beber Pram.

Baca juga:
Kunjungi KPU, Menkopolhukam Wiranto bicara soal persiapan Pemilu 2019
Terima putusan Bawaslu, KPU tetapkan PBB sebagai peserta Pemilu 2019
Bahas persiapan Pilkada dan Pemilu, Wiranto sambangi KPU
Mempertanyakan kinerja KPU setelah kalah gugatan dari PBB
Pemutakhiran data, KPU Kota Kediri coret 38 ribu nama di daftar pemilih

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini