KPU Akan Verifikasi Faktual Tiga Pasang Calon Independen Pilkada Solo

Rabu, 19 Februari 2020 01:06 Reporter : Arie Sunaryo
KPU Akan Verifikasi Faktual Tiga Pasang Calon Independen Pilkada Solo Rapat pleno KPU Solo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo melakukan verifikasi faktual berkas syarat dukungan terhadap tiga bakal calon independen di Pilkada Solo.

Ketiga bakal calon independen tersebut adalah pasangan Bagyo Wahyono - FX Supardjo (Bajo), Mitah Haliem Hartanto - Ronie Cakranegara (Hero) dan Abah Ali - Gus Amak (Alam). Untuk proses verifikasi faktual, KPU Solo membutuhkan anggaran tidak sedikit.

"Kami membutuhkan anggaran senilai Rp200 juta untuk melakukan verifikasi berkas syarat dukungan bakal calon independen," ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti kepada wartawan, Selasa (18/2).

Menurut dia, verifikasi berkas syarat dukungan akan dilakukan dalam dua tahap. Yakni tahap eksternal dan internal. Verifikasi faktual, lanjut dia, akan dilakukan selama 19 hari. Yakni dari tanggal 26 Februari hingga 10 Maret 2020.

Untuk kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan 407 personel. Mereka akan diterjunkan ke lapangan untuk mengecek kebenaran syarat dukungan terhadap bakal calon independen,.

Mereka, dikatakannya, dari KPU sebanyak 43 personil, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 40 personel dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 324 personil.

"Verifikasi kita lakukan diantaranya dengan mendatangi rumah warga. Kalau nanti ditemukan data ganda, calon independen harus mengganti syarat dukungan dua kali lipat sesuai aturan KPU RI," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini