Hot Issue

Kode Terang Jokowi untuk Parpol Demi Ganjar

Senin, 28 November 2022 05:02 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kode Terang Jokowi untuk Parpol Demi Ganjar Jokowi dan Ganjar Pranowo Joging Bareng. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyebut, pemimpin yang memikirkan rakyat memiliki rambut putih. Pesan itu disampaikan Jokowi di hadapan relawannya dalam acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11).

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, Jokowi jelas memberikan kode dukungan kepada Ganjar Pranowo. Tujuan Jokowi bicara di hadapan relawan untuk menarik dukungan partai politik agar mengusung gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024.

"Itu bagian daripada kode atau simbol gerakan Jokowi untuk mendorong partai-partai untuk mendorong Ganjar, baik dalam konteks dukungan resmi maupun dalam konteks deklarasi," ujar Ujang kepada wartawan, Minggu (27/11).

Jokowi terlihat sedang mendorong dukungan dari PDIP hingga Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk segera deklarasi Ganjar sebagai calon presiden. Relawan digunakan sebagai alat politik nilai tawar kepada partai-partai.

"Karena menunjukan ini relawannya banyak, besar dan sudah cukup memenangkan Ganjar, kira-kira begitu," ujar Ujang.

2 dari 4 halaman

Relawan yang hadir juga dilihat sengaja dimobilisasi agar terlihat banyak pendukungnya. "Ya tujuan Jokowi arahnya ke sana, mendorong partai politik untuk agar bisa mendorong atau mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024 nanti," kata Ujang.

Namun, kata dia, terbuka juga skenario memasangkan Ganjar sebagai calon presiden dengan Prabowo sebagai calon wakil presidennya.

"Bahkan untuk meminimalisir risiko ada skenario memasangkan Ganjar capres, prabowo cawapres itu ada. Tetapi sebagian pihak kelompoknya Prabowo mengatakan Prabowo-Ganjar, tapi Jokowi enggak mau. Jokowi inginnya Ganjar-Prabowo," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurutnya, ciri pemimpin tersebut terlihat dari dari penampilan dan wajahnya.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan," kata Jokowi di acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11).

3 dari 4 halaman

Jokowi berkata, pemimpin yang memikirkan rakyat banyak kerutan di wajahnya. Selain itu, rambut pemimpin tersebut berwarna putih.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Jokowi bilang hati hati dengan calon pemimpin yang mukanya mulus. Dia kembali berkata, pilih pemimpin yang rambutnya putih.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya clink bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Respons Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunggah foto dengan gaya rambut warna hitam di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo pada Minggu (27/11).

Aksi ini menyusul kode Presiden Joko Widodo soal pemimpin memikirkan rakyat memiliki rambut warna putih.
Kode Jokowi soal pemimpin berambut putih itu banyak dikaitkan dengan dukungan kepada Ganjar sebagai calon presiden 2024. Diketahui, politikus PDI Perjuangan itu memiliki rambut putih.

Dalam unggahan tersebut, Ganjar hanya memberikan sebuah narasi singkat. Tak ada menyinggung kode Jokowi.

"Cukur. Kamu punya tips merawat wajah & rambut?" kata Ganjar dalam unggahan tersebut. [rnd]

Baca juga:
Aturan Hukum dan Etika Presiden Endorse Capres Jelang Pemilu
Teriakan Cawapres Sambut Erick Thohir di Rapimwil PPP Jateng
Setuju Jokowi, PPP Sebut Ciri Pemimpin Pikirkan Rakyat Rambutnya Putih

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini