Jokowi: Nadiem Makarim Belum Minta Wakil Menteri

Senin, 2 Desember 2019 18:42 Reporter : Merdeka
Jokowi: Nadiem Makarim Belum Minta Wakil Menteri Mendikbud Nadiem Makarim rapat kerja perdana dengan DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku belum terpikirkan untuk menunjuk wakil menteri pendidikan dan kebudayaan (Wamendikbud) serta wakil menteri riset dan teknologi. Pasalnya, Jokowi menyebut belum ada permintaan dari menteri-menteri terkait.

"Belum. Sampai dengan hari ini belum, belum terpikir ke situ. Menterinya juga belum minta (angkat wakil menteri)," ujar Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/11).

Jokowi sendiri telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2019 yang mengatur soal posisi wakil menteri. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sendiri saat ini dijabat Nadiem Makarim. Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi dijabat Bambang Brodjonegoro.

1 dari 1 halaman

Wakil Menteri Tak Harus Diisi

Meski Jokowi telah menerbitkan perpres tersebut, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, posisi wakil menteri tak harus diisi. Menurut dia, Jokowi akan melihat perkembangan para menteri terlebih dahulu sebelum menunjuk wakil menteri.

"Jadi itu kan perpres organisasi kan ya seperti perpres TNI ada Wakil Panglima, enggak berarti harus ada. Tapi seandainya ada kepres sudah anu, wadahnya sudah ada. Kita lihat perkembangan," ucap Pratikno.

Dia menyatakan sampai saat ini belum ada nama-nama yang bakal diangkat menjadi wakil menteri lagi.

"Enggak dong, belum tentu diisi kok, nama-nama," ujar Pratikno. [rnd]

Baca juga:
Nadiem Mau Hapus UN, Komisi X DPR Ingatkan Ada UU Sisdiknas
Penghapusan Ujian Nasional Tak Bisa Dilakukan 2020
Cerita Nadiem Sempat Takut Saat Menulis Naskah Pidato Hari Guru
Soal Kualitas & Kuantitas Guru, Nadiem Lempar ke Pemerintah Daerah
Nadiem Ungkap Alasan Wacana Penghapusan UN

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini