Isu Jokowi 3 Periode, Fadli Zon: Kalau Siklus Pemilu Berubah Membahayakan Negara

Kamis, 1 Desember 2022 17:17 Reporter : Ahda Bayhaqi
Isu Jokowi 3 Periode, Fadli Zon: Kalau Siklus Pemilu Berubah Membahayakan Negara Jokowi hadiri Nusantara Bersatu. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Isu Presiden Joko Widodo tiga periode bangkit kembali dalam acara relawan Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Sabtu (26/11). Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menegaskan, semua pihak termasuk Presiden Joko Widodo telah sepakat untuk tetap menggelar Pemilu 2024.

Menurutnya, semua orang harus memegang teguh konstitusi yang membatasi masa jabatan presiden dua periode.

"Saya kira juga sudah disampaikan oleh pak Jokowi sendiri bahwa agenda pemilu itu tetap sesuai dengan yang sudah dijadwalkan, pemerintah sendiri yang bersama DPR sudah menetapkan jadwal itu, jadi saya kira kita memang harus berkomitmen memegang teguh konstitusi kita," ujar Fadli di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12).

Dia menegaskan, Pemilu 2024 harus bisa dijalankan karena akan berbahaya bila siklus lima tahunan ini berubah.

"Dan saya kira ini memang harus kita pegang utuh karena siklus ini kalo berubah akan bisa membahayakan keutuhan negara," katanya.

Fadli memandang, gerakan relawan yang mendorong masa jabatan presiden tiga periode bukan suara mainstream. Untuk itu, dia tidak khawatir kecuali sudah ada gerakan yang serius perlu diwaspadai.

"Saya kira, itu semuanya masih wacana kan, belum ada yang terealisasi, wacana-wacana ini menurut saya di dalam demokrasi sah sah saja. Kecuali kalau itu memang menjadi satu arah menuju ke perubahan-perubahan mendasar," katanya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Musra Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea mengakui ada sejumlah relawan yang memang menginginkan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo. Ia anggap sikap relawan yang menginginkan Jokowi tiga periode sebagai bunga demokrasi.

"Tentu ada berbagai dinamika, di relawan sendiri termasuk saya bahwa ada bagian yang memang tetap kita taat konstitusi dua periode. Tapi kita harus hargai ada sisi lain di relawan mendukung pak Jokowi untuk tiga periode," ujar Andi di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).

Isu perpanjangan masa jabatan presiden kembali mencuat setelah pertemuan Presiden Joko Widodo dengan relawan dalam acara Nusantara Bersatu. Jokowi sempat diteriakin dukungan tiga periode.

Andi mengakui sebagian besar relawan ada yang menginginkan perpanjangan masa jabatan presiden. Ia mengklaim independensi relawan tersebut tanpa campur tangan pihak lain.

"Saya pastikan independensi relawan sendiri, tidak ada dorongan apapun," katanya.

[ray]

Baca juga:
MPR: Wacana Presiden Tiga Periode Sudah Tutup Buku
Relawan Akui Ada yang Mendukung Jokowi Tiga Periode
Isu Presiden 3 Periode Muncul Lagi, Ini Jawaban Ketua MPR soal Peluang Amandemen
Relawan Gaungkan Wacana Jokowi 3 Periode, PAN: Sudah Jadi Barang Kuno
Relawan Minta Jokowi 3 Periode, Politisi PDIP: Urusan Mereka, Bukan Urusan Kita

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini