Internal PAN Bergolak, Kubu Jokowi Ogah Ikut-Ikutan

Kamis, 27 Desember 2018 04:31 Reporter : Sania Mashabi
Internal PAN Bergolak, Kubu Jokowi Ogah Ikut-Ikutan Jokowi hadiri Rapimnas PAN. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Internal PAN tengah bergolak. Setelah Bendahara Umumnya, Nasrullah mundur dari pengurus. Giliran Amien Rais yang diminta mundur dari kancah politik nasional karena dinilai sudah tak sesuai dengan ide pemikiran reformasi.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais diminta mundur dari kancah politik nasional. Dia didesak mengundurkan diri oleh lima orang pendiri PAN satu di antaranya adalah Goenawan Mohammad.

Menanggapi hal itu Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin Achmad Baidowi enggan banyak berkomentar banyak. Dia berharap, anggota PAN yang sedang berseteru tidak menyeret atau menyalahkan pihak lain yang tidak berkaitan dengan masalah itu.

"Itu urusan internal PAN dan biar diselesaikan sendiri tak perlu menuding pihak lain. Menyeret-nyeret pihak lain yang tak ada kaitan sama sekali tidaklah etis," kata Baidowi saat dihubungi merdeka.com, Rabu (26/12).

Menurutnya, tim Jokowi-Ma'ruf tidak pernah sekalipun berusaha memecah belah. Termasuk dalam penyelesaian masalah internal.

"Kami bukan tipe pemecah belah. Sama halnya misalnya ada persoalan di internal kami itu menjadi tanggung jawab sendiri, bukan menyeret-nyeret pihak lain," ungkapnya.

Meski begitu, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tetap berharap PAN bisa segera menyelesaikan masalah internalnya. Sebab, lanjut dia, kubu Jokowi-Ma'ruf menginginkan suasana politik jelang Pemilu 2019 berlangsung kondusif.

"Kita harapkan iklim politik menjelang pilpres ini tetap kondusif dan masalah yang menimpa PAN mudah-mudahan segera tuntas," ucapnya.

Diketahui, Sejumlah pendiri PAN yang disebut Goenawan Mohamad cs meminta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Raismundur dari politik. Menurut mereka, Amien Rais telah menyimpang dari prinsip PAN.

"Kami mendapatkan kesan kuat bahwa Amien Rais sejak mengundurkan diri sebagai ketua umum PAN sampai sekarang, baik secara pribadi maupun mengatasnamakan PAN seringkali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip PAN," kata Goenawan cs lewat pernyataan tertulis, Rabu (26/12). [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini