Genderang pilpres dimulai, 3 persiapan kubu Prabowo dan Jokowi

Selasa, 14 Agustus 2018 07:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Genderang pilpres dimulai, 3 persiapan kubu Prabowo dan Jokowi Jokowi dan prabowo di istana. ©2016 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Dua bakal capres Jokowi dan Prabowo Subianto telah selesai mengumumkan pasangannya untuk Pilpres 2019. Saat ini kedua bakal capres dan cawapres tengah mengikuti sederet aturan dari KPU, mulai dari administrasi hingga tes kesehatan.

Di sisi lain, tim koalisi kedua kubu disibukkan dengan berbagai persiapan menghadapi Pilpres. Persiapan itu tentu untuk kemenangan bakal capres nanti. Apa saja persiapannya? Berikut rangkumannya:

1 dari 3 halaman

Koalisi Jokowi siapkan ratusan jubir

Pertemuan 9 sekjen koalisi Jokowi di Menteng. ©2018 Merdeka.com/Renald Ghiffari

Beberapa waktu lalu, sembilan sekjen koalisi pendukung Jokowi berkumpul membahas berbagai persiapan untuk menghadapi Pilpres. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan juru bicara kampanye Pilpres 2019.

Setiap partai akan menyiapkan 25 juru bicara kampanye, sehingga total yang dibutuhkan lebih dari 200 juru bicara. "Kami sepakat masing-masing partai menyiapkan 25 juru bicara yang akan segera dilatih bersama-sama dalam satu kegiatan bersama," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto usai pertemuan sembilan sekjen parpol koalisi pendukung Jokowi di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (6/8) malam.

2 dari 3 halaman

Pendukung Jokowi siapkan pasukan berani mati

Presiden Jokowi. ©2017 Biro Pers Istana

Menghadapi Pilpres 2019 mendatang banyak persiapan mulai dilakukan oleh kubu Jokowi. Salah satunya adalah 

'pasukan berani mati' yang disiapkan oleh pendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin. Pasukan berani mati ini untuk pengamanan pilpres pasangan tersebut.

"Beliau (Maruf) kan kiai saya. Bagi saya, mendukung Kiai Ma'ruf Amin ya sama dengan kita mendukung Gus Dur, makanya kita siapkan 'pasukan berani mati' kita untuk ngamanin," Ketua Umum Patriot Garuda Nusantara (PGN) Nuril Arifin Husein atau Gus Nuril.

3 dari 3 halaman

Kubu Prabowo siapkan tim ekonomi

Prabowo dan Sandiaga tes kesehatan. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Masalah ekonomi adalah isu paling penting yang mesti dikuasai para bakal capres-cawapres. Oleh karena itu, kubu Prabowo dan Sandiaga mulai mempersiapkan tim ekonomi untuk menghadapi Pilpres mendatang.

Tak tanggung-tanggung, Prabowo-Sandi dikabarkan meminta mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Burhanudin Abdulah dan Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier untuk menjadi tim ekonominya. "Sudah ada pembentukan tim ekonomi, sedang dibahas, ada Burhanudin Abdulah, Fuad Bawazier, tokoh-tokoh senior, dan dari yang muda juga ada saya," kata Fungsionaris DPD Partai Gerindra, Anggawira. [has]

Baca juga:
Runtutan cerita isu mahar Rp 500 miliar dan bantahan Sandiaga Uno
Ketua tim pemenangan diumumkan usai Jokowi kembali dari Lombok
Ketua Tim pemenangan Prabowo bakal dibahas secara musyawarah oleh koalisi
Ketum Muhammadiyah sebut Ma'ruf Amin harus pisahkan proses politik dan keagamaan
Meme Prabowo menang dalam survey Indobarometer hoax

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini