DPR Dukung Komposisi Timsel KPU-Bawaslu, Ingatkan Jaga Integritas

Selasa, 2 November 2021 14:03 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Dukung Komposisi Timsel KPU-Bawaslu, Ingatkan Jaga Integritas Pelantikan Lodewijk F Paulus Jadi Wakil Ketua DPR. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Tim seleksi KPU dan Bawaslu disoroti masyarakat. Salah satu alasannya, Ketua Timsel KPU-Bawaslu Juri Ardiantoro merupakan mantan anggota timses Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2024. Juri juga kini menjabat sebagai Deputi di Kantor Staf Presiden (KSP).

Menurut anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, proporsi anggota Timsel ini sudah sesuai dengan undang-undang.

"Kita tidak boleh apriori dulu. Sesuai Undang-Undang apa yang sudah ditetapkan itu sudah dilaksanakan oleh pemerintah unsur-unsur dari timsel ini. Ada dari akademisi, ada dari masyarakat dan ada dari unsur pemerintah," ujar Guspardi saat rapat dengar pendapat umum Komisi II dengan Timsel KPU-Bawaslu di DPR RI, Selasa (2/11).

Guspardi mengatakan, dalam rapat dengar pendapat umum hari ini terjawab beberapa hal mengenai kekhawatiran masyarakat soal transparansi, dan akuntabilitas Timsel KPU-Bawaslu. Apalagi, audiensi dengan Komisi II ini merupakan keinginan dari Timsel KPU-Bawaslu.

"Saya menyimak secara seksama yang disampaikan ketua, terutama ketua yang disorot media ternyata saya berikan apresiasi laporan yang disampaikan sangat luar biasa," ujar politikus PAN ini.

Guspardi bilang, Komisi II juga tidak akan melakukan intervensi terhadap kinerja panitia seleksi. Ia memastikan tidak ada titipan-titipan.

"Kami Komisi II tidak akan melakukan intervensi kinerja dan kerja-kerja oleh timsel. Sebab ini memang akan dipertanggungjawabkan oleh masyarakat," ujarnya.

Untuk menjawab publik, Guspardi berpesan kepada anggota Timsel KPU-Bawaslu untuk bekerja secara profesional. Sehingga bisa didapatkan hasil anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang baik.

"Masyarakat sedang menyorot bapak-bapak ibu-ibu terhadap kinerja itu. Oleh karena itu, pesan saya bagaimana bekerja secara profesional, bagaimana bekerja secara berintegritas dan bagaimana bekerja secara transparan dan bagaimana bekerja secara akuntabel," ujar Guspardi. [rnd]

Baca juga:
RDPU dengan Pansel KPU-Bawaslu, DPR Dorong Transparansi dan Partisipasi Publik
DPR Rapat dengan Pansel Anggota KPU-Bawaslu Bahas Tahapan & Jadwal Seleksi
Perludem Minta Pansel Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu yang Bisa Belajar Cepat
Mendagri Pastikan Tak Ada Intervensi Pansel KPU-Bawaslu
Anggota DPR Ingatkan Pansel KPU-Bawaslu Jaga Netralitas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini