DPD Golkar Jatim: Tradisi 'Beauty Contest' Justru Bikin Golkar Pecah

Jumat, 22 November 2019 15:18 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
DPD Golkar Jatim: Tradisi 'Beauty Contest' Justru Bikin Golkar Pecah Rapimnas Golkar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekretaris DPD I Golkar Jawa Timur Sahat Simanjuntak setuju dengan wacana aklamasi di Munas Golkar awal Desember nanti. Dengan demikian, bisa menghindari adanya perpecahan di internal Golkar.

"Aklamasi itu adalah ujung dari musyawarah mufakat. Itu ciri bangsa Indonesia. Apalagi di Munas Golkar nanti. Kalau peserta Munas nanti semua setuju musyawarah mufakat, kalau semua koor setuju, pasti akan terjadi aklamasi," kata Sahat kepada wartawan, Jumat (22/11).

Sahat menilai, tradisi pemilihan ketua umum hanya akan bikin partai terbelah. Apabila sudah terbelah, sulit menyatukan kembali.

"Tradisi kita di Golkar kalau ada beauty contest, justru timbul perpecahan. Ibarat gelas yang pecah, kalau disatukan kembali pasti ada retak-retak yang tak mulus lagi. Ini kita jaga jangan sampai terjadi," ungkap Sahat.

Dalam Rapimnas Golkar di Jakarta, pekan lalu, sudah terdapat 33 DPD atau mayoritas peserta Rampinas yang setuju musyawarah mufakat. "Pernyataan DPD I itu pasti sudah melalui rapat pleno di daerah. Terbukti, di Jatim sendiri 38 DPD 2 kabupaten dan kota yang ada plus satu DPD 1 Jatim, suaranya sudah bulat ke Pak Airlangga," kata Sahat.

1 dari 2 halaman

Sulsel Dukung Airlangga

Hal sama juga terjadi di Sulawesi Selatan. Seluruh DPD 2 Sulawesi Selatan juga bulat mendukung Airlangga Hartarto menjadi Ketua Umum Golkar lagi.

"Selama ini Golkar menunjukkan tanda-tanda baik selama kepemimpinan Airlangga. Hal yang baik mesti didukung untuk lebih baik lagi," ujar Ketua DPD Golkar Maros Andi Patarai.

Menurutnya, Airlangga adalah figur yang memiliki kemampuan luar biasa. Selain sebagai Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga mampu secara politis mengawal Partai Golkar.

2 dari 2 halaman

Toraja Utara

Begitu pula dengan, Ketua DPD Golkar Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong. dia menyatakan, Airlangga adalah sosok yang mampu menginspirasi para kader.

"Sebagai tokoh bangsa, Airlangga adalah motivator. Dia mampu memperlihatkan kinerja yang baik sebagai menteri sekaligus ketua umum partai," ungkap Frederik. [rnd]

Baca juga:
Larangan Keluar Jakarta Hingga Munas Selesai Dilanggar Loyalis Airlangga
Golkar Soal 7 Stafsus Jokowi Kalangan Milenial: Anak Muda Pasti Semangat
Pengamat Sebut Munas Golkar Harus Beri Peluang Munculnya 'Rising Star'
Kubu Airlangga: Cuma Satu Kesepakatan, Bamsoet Ketua MPR Maka Tak Maju Munas
SOKSI Jagokan Bamsoet: Kaderisasi Golkar Mati di Era Airlangga
Dukung Bamsoet, Senior Golkar Nilai Partai Butuh Perubahan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini