Buntut OTT Wahyu Setiawan, DPR Bakal Evaluasi Rekrutmen Komisioner KPU

Kamis, 9 Januari 2020 16:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Buntut OTT Wahyu Setiawan, DPR Bakal Evaluasi Rekrutmen Komisioner KPU Gedung KPU. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Gerindra Kamrussamad mengungkapkan keprihatinannya atas OTT Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Peristiwa tersebut kata dia, mencoreng demokrasi Indonesia.

"Kita Prihatin atas Penangkapan OTT komisioner KPU ini sungguh sangat mencoreng dunia demokrasi kepemiluaan kita," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (9/1).

Menurut dia, peristiwa OTT terhadap Wahyu Setiawan menunjukkan bahwa politik uang bukan hanya terjadi dalam pemilu, seperti pemilu legislatif (pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tapi juga dalam Pelaksanaan kebijakan kepemiluaan.

Komisi II, lanjut dia, akan melakukan evaluasi terhadap kriteria calon komisioner dalam proses rekrutmen ke depan. Dengan mempertimbangkan standar moral dalam penentuan calon komisioner.

Dia pun meminta KPU tetap berfokus pada proses persiapan Pilkada serentak. Diketahui Pilkada serentak akan berlangsung pada September mendatang.

"KPU mesti segera move on dan kembali fokus menyiapkan Pilkada serentak," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Alur Pemilihan Komisioner

Mekanisme pemilihan komisioner KPU melalui seleksi panitia seleksi (Pansel) berbarengan dengan anggota Bawaslu. Hingga nama yang sudah mengerucut dibawa ke DPR. Dewan, melalui Komisi II yang membidangi pemerintahan, akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) hingga anggota KPU, serta Bawaslu dipilih melalui pemungutan suara. [lia]

Baca juga:
Ketua KPU Klaim Tak Tahu Penangkapan Wahyu Setiawan Terkait PAW Anggota DPR
Komisioner KPU Wahyu Setiawan Diduga Terima Rp400 Juta, Dalam Mata Uang Asing
Penyidik KPK Disebut Ditolak Geledah Ruangan Hasto, PDIP Sebut Tidak Bawa Surat Resmi
Anggota DPR Soal KPK Masih OTT: Kekhawatiran Masyarakat Sipil Tak Terbukti
KPU Sebut OTT Wahyu Setiawan Tak Ganggu Penyelenggaraan Pilkada 2020
Melihat Ruang Kerja Komisioner KPU yang Disegel KPK

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini