Analisis Ganjar-Sandi Mudah Kalahkan Anies-AHY di 2024

Jumat, 30 September 2022 16:19 Reporter : Alma Fikhasari
Analisis Ganjar-Sandi Mudah Kalahkan Anies-AHY di 2024 Ganjar-Sandi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digadang-gadang akan dipasangkan pada Pilpres 2024. Pengamat politik Adi Prayitno menilai pasangan tersebut menjanjikan untuk memang.

"Simulasi survei duet Anies dan AHY relatif menjanjikan, karena dua orang ini dianggap sosok yang berada di luar basis politik pemerintahan. Jadi dua sosok ini Anies dan AHY bisa mengkonsolidasikan kelompok-kelompok yang selama ini kritis terhadap pemerintah," kata Adi, saat dihubungi merdeka.com, Jumat (30/9).

Kendati demikian, Adi mengatakan, duet Anies dan AHY akan kalah telak jika bertarung dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Apalagi, jika Ganjar dipasangkan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Tapi Anies dan AHY agak sulit menang kalau lawan yang dihadapi itu adalah nama-nama berat seperti Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno misal. Juga agak berat misal Anies-AHY dilawan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil," paparnya.

2 dari 2 halaman

Adi juga menilai, permasalahan duet Anies dan AHY menjadi salah satu faktor Partai NasDem, PKS dan Demokrat belum juga mendeklarasi koalisi. Sehingga, menurutnya pasangan Anies dan AHY menjanjikan namun rumit untuk diwujudkan.

Terlebih, Demokrat masih memajukan AHY sebagai salah satu persyaratan dalam koalisi untuk diusung dalam pilpres 2024.

"Tapi satu sisi Demokrat punya kepentingan kalau berkoalisi dengan NasDem dan PKS ya tidak boleh tidak AHY harus maju berpasangan dengan Anies. Nah disitulah rumitnya kenapa sampai saat ini sekarang begitu alot pengumuman koalisinya," imbuhnya. [ded]

Baca juga:
PPP Buka-Bukaan Nama Capres: Anies, Ganjar, Prabowo hingga Sandiaga Uno
Anies Baswedan: Polarisasi Itu Sesuatu yang Wajar
Mardiono Rapat Bareng Majelis Pakar PPP Matangkan Strategi Pemenangan Pemilu 2024
Isu Duet Prabowo-Jokowi, Projo: Kayaknya Tidak Mungkin
Demokrat Tegaskan Urusan Koalisi dan Capres Berada di Tangan SBY

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini