5 Pendiri PAN Buat Surat Terbuka Mendesak Amien Rais Mundur dari Politik

Rabu, 26 Desember 2018 11:45 Reporter : Muhammad Genantan Saputra, Sania Mashabi
5 Pendiri PAN Buat Surat Terbuka Mendesak Amien Rais Mundur dari Politik Amien Rais di Sleman. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Sejumlah pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang disebut Goenawan Mohamad cs meminta Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mundur dari politik. Menurut mereka, Amien Rais telah menyimpang dari prinsip PAN.

"Kami mendapatkan kesan kuat bahwa Amien Rais sejak mengundurkan diri sebagai ketua umum PAN sampai sekarang, baik secara pribadi maupun mengatasnamakan PAN seringkali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip PAN," kata Goenawan cs lewat pernyataan tertulis, Rabu (26/12).

"Semakin lama makin cenderung eksklusif, tidak menumbuhkan kerukunan bangsa dalam berbagai pernyataan dan sikap politik saudara," sambungnya.

Menurutnya, Amien Rais sebagai tokoh reformasi yang ikut berperan dalam mengakhiri kekuasaan Orde Baru, telah bersimpati dan mendukung serta bergabung dengan politisi yang beraspirasi mengembalikan kekuatan Orde Baru ke kancah politik Indonesia.

"Saudara telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai tujuan meraih kekuasaan," tambahnya.

Kemudian, Amien Rais sebagai ilmuwan politik telah gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dalam menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan PKI di negeri Indonesia.

"Saudara sebagai orang yang berada di luar struktur utama PAN terkesan berat menyerahkan kepemimpinan PAN kepada generasi berikutnya dengan terus menerus melakukan manuver politik yang destruktif bagi masa depan partai," ujarnya.

Atas dasar pertimbangan tersebut, Goenawan cs yang merupakan bagian dari PAN dan pernah berjuang bersama Amien Rais saat mendirikan meyakini prinsip-prinsip perjuangkan PAN. Serta menyampaikan surat pernyataan terbuka sebagai pengingat dari sesama kawan.

"Untuk itu barangkali sudah saatnya saudara mengundurkan diri dari kiprah politik praktis sehari-hari, menyerahkan PAN sepenuhnya ke tangan generasi penerus, dan menempatkan diri saudara sebagai penjaga moral dan keadaban bangsa serta memberikan arah jangka panjang bagi kesejahteraan dan kemajuan negeri kita," katanya.

Meski mengecam Amien Rais, para pendiri PAN yang diwakili Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toety Heraty dan Zumrotin batal menggelar jumpa pers di Galeri Cafe Museum, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/12). Mereka hanya memberi pernyataan tertulis untuk Amien yang diberikan oleh salah satu perwakilan kepada wartawan.

Saat dikonfirmasi, Goenawan Mohamad membenarkan surat terbuka tersebut.

"Benar dari kami tapi bukan saya yang menulis," kata Goenawan saat dihubungi merdeka.com.

Berikut surat terbuka tersebut:

Surat Terbuka 5 Pendiri PAN Mendesak Amien Rais Mundur dari Politik ©2018 Merdeka.com [dan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini