Warga Tangkap Buaya 3 Meter Kerap Muncul di Sungai Sordang

Sabtu, 9 Maret 2019 22:03 Reporter : Yan Muhardiansyah
Warga Tangkap Buaya 3 Meter Kerap Muncul di Sungai Sordang Warga Tapteng tangkap Buaya Sungai Sordang. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Warga menangkap seekor buaya di Sungai Sordang, Desa Makartinauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sabtu (9/3). Satwa itu sebelumnya sempat meresahkan warga karena beberapa kali muncul di aliran sungai itu sejak dua bulan lalu.

Buaya dengan panjang sekitar 3 meter itu akhirnya terjerat jaring milik warga. "Kita tangkap sekitar pukul 07.00 Wib tadi, langsung diikat dan diamankan warga," kata Nasrul, Kepala Desa Makartinauli.

Buaya ini diduga serupa dengan yang beberapa kali muncul di aliran Sungai Kolang, dekat permukiman warga. Instansi setempat sebelumnya sudah dilapori mengenai kemunculan satwa itu.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Seno Pramudita mengatakan, timnya sudah bergegas ke lokasi untuk mengamankan buaya itu. "Tim dari Sibolga dan Tarutung sudah dalam perjalanan," ujarnya.

Seno mengakui pihaknya pernah mendapatkan laporan mengenai kemunculan buaya itu. Petugas bahkan sudah ke lokasi. "Tapi buaya tidak kelihatan lagi. Jadi kami memberikan sosialisasi, ketika itu muncul dilaporkan. Jadi kalau ada buaya jangan dibunuh, tapi laporkan ke kita," ujarnya.

Buaya yang ditangkap warga rencananya akan dibawa ke Siantar Zoo. Sementara penyelidikan lanjutan dilakukan di lokasi penemuan untuk memastikan ada tidaknya buaya lain di sana.

"Kita bekerjasama dengan masyarakat di sana. Kalau ada tanda tanda akan kita lakukan langkah evakuasi. Kita juga akan tetap lakukan pemantauan," pungkasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini