Warga Musi Banyuasin Dilarang Mudik, Bupati Instruksikan Camat Jaga Perbatasan

Selasa, 4 Mei 2021 02:03 Reporter : Irwanto
Warga Musi Banyuasin Dilarang Mudik, Bupati Instruksikan Camat Jaga Perbatasan Bus yang beroperasi selama larangan mudik akan diberi stiker khusus. ©Liputan6 com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, melarang aktivitas mudik dari atau menuju daerahnya saat Idul Fitri 1442 Hijriah. Seluruh camat diinstruksikan menjaga daerah perbatasan agar pemudik dapat dicegah.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengungkapkan, larangan mudik sesuai kebijakan pemerintah pusat seiring pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Terlebih untuk meminimalisir penyebaran virus corona di kabupaten itu.

"Dengan berat hati, tradisi pulang kampung atau mudik lebaran tahun ini belum bisa dilakukan, ini demi kebaikan kita agar terhindar dari Covid-19," ungkap Dodi, Senin (3/4).

Untuk memperketat pengawasan wilayah Muba dan memaksimalkan vaksinasi serta penerapan 3T (testing, tracing, dan treatment) dan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari keramaian), pihaknya menerapkan PPKM. Seluruh instansi terkait, baik pemerintah maupun TNI dan polri dapat terlibat langsung dalam implementasi di lapangan.

"Saya juga menginstruksikan semua Camat wajib berada di tempat dan turun tangan dengan baik dalam melakukan pengetatan wilayah dan prokes Covid-19, awasi daerahnya sendiri," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin Azmi Dariusmansyah MARS menyebutkan, saat ini pelaksanaan pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 terus digencarkan. Larangan mudik tak lain bertujuan untuk kepentingan bersama dan mengembalikan situasi seperti di tahun-tahun sebelumnya.

"Saya yakin warga Musi Banyuasin di perantauan sangat mengerti dengan kondisi saat ini, yang mau keluar kota juga diminta menahan rindu berkumpul dengan keluarga, mari kita patuhi bersama imbauan pak bupati ini demi kebaikan kita bersama," imbaunya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini