Wapres JK Ingatkan Semua Pihak Agar Berlapang Dada Siap Menang-Kalah di Pilpres

Selasa, 16 April 2019 16:30 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Ingatkan Semua Pihak Agar Berlapang Dada Siap Menang-Kalah di Pilpres Jusuf kalla. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengimbau kepada semua pihak agar berlapang dada untuk siap menang dan kalah dalam Pemilu 2019. JK meyakini, semua pihak akan menerima hasil Pemilu.

"Jadi yakinlah bahwa masing-masing akan menerima. Walaupun kemudian yang dicurigai memajukan protes, itu sudah ada aturannya juga. Jadi tidak perlu dikhawatirkan, karena itu rule of the game daripada Pemilu begitu," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/4).

JK juga meyakini setelah Pemilu tak akan ada konflik di tengah masyarakat kendati memiliki pilihan berbeda. Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa semua akan berakhir damai.

"Hari H pemilu itu memang orang berbeda pilihan, tapi beberapa hari kemudian orang akan kembali rukun seperti biasa, keluarga akan kembali lagi, dan itulah sifat kita yang dihormati dan dipuji oleh banyak negara," kata JK.

Para elit juga diminta memberi contoh dengan tidak saling sindir. JK mencontohkan sikap yang ditunjukkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto, walaupun bersaing namun tetap akrab sebagaimana terlihat usai debat berlangsung.

"Elit itu karena lihat sendiri, setelah debat keras langsung peluk-pelukan antara Pak Jokowi dengan Pak Prabowo, dengan Sandi dengan Kiai Ma'ruf peluk-pelukan, ngobrol lagi, tidak ada rasa sentimen. Itu bagus sekali menjadi contoh kepada seluruh masyarakat," pungkasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini