Wamenkes Minta Masyarakat Tidak Ragu Tes Covid-19 ke Anak

Minggu, 18 Juli 2021 17:53 Reporter : Dedi Rahmadi
Wamenkes Minta Masyarakat Tidak Ragu Tes Covid-19 ke Anak PMI Kejar Target Vaksin. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono meminta masyarakat tidak ragu melakukan tes COVID-19 pada anak yang bergejala.

"Hal ini turut memutus rantai penularan dengan mencegah transmisi ke orang sekitarnya. Bila anak terpapar penanganannya dapat dilaksanakan lebih dini dan lebih baik," ujar Dante dalam webinar memperingati Hari Anak Nasional yang diselenggarakan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) via daring dipantau di Jakarta, Minggu (18/7).

Untuk itu, ia juga meminta semua pihak untuk memperluas edukasi dan pendampingan keluarga untuk meningkatkan kemampuan melakukan isolasi mandiri pada anak yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Upaya untuk menekan COVID-19 dengan 3T (Testing, Tracing, Treatment) perlu dilakukan pada kelompok anak," ucapnya.

Dante juga menyampaikan, kementeriannya bekerja sama dengan Satgas Platform Telemedicine memberikan pelayanan konsultasi dan pengiriman obat gratis bagi pasien COVID-19 yang isolasi mandiri di wilayah Jabodetabek.

Dalam kesempatan sama, Wakil Ketua Umum 1 PP Kagama Budi Karya Sumadi mengatakan COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi, dampaknya juga sampai mencabut hak anak dalam mendapatkan pendidikan hingga bermain.

"Unicef mengatakan bahwa anak-anak yang paling rentan terkena dampak COVID-19, baik bidang kesehatan, maupun sosial ekonomi," ujarnya.

Ia menambahkan anak merupakan bibit SDM di masa depan. SDM unggul merupakan salah satu faktor yang penting agar Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dari negara lain.

"Oleh karena itu kita juga harus mengingat betapa pentingnya hak anak, dimana mereka membutuhkan lingkungannya sendiri, seperti tempat bermain dan hiburan yang selayaknya anak," katanya.

Ia meminta agar apa yang dianjurkan selama pandemi untuk orang dewasa hendaknya juga diterapkan pada anak, yaitu menjaga tubuh dan pikiran sehat, patuh protokol kesehatan sehingga melindungi anak dari COVID-19.

"Upaya tersebut tentu saja membutuhkan kerja sama dari semua pihak, khususnya keluarga dalam memberikan pendidikan dan keahlian sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah," katanya. [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini