Wali Kota Tegal akan Tutup Jalur Perbatasan Pakai Pembatas Beton

Kamis, 26 Maret 2020 17:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Wali Kota Tegal akan Tutup Jalur Perbatasan Pakai Pembatas Beton Local Lock Down Kota Tegal. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memutuskan untuk menutup seluruh akses jalan masuk ke Kota Tegal pakai MCB barier beton mulai 30 Maret hingga 30 Juli 2020. Langkah tersebut dilakukan karena wilayahnya sudah menjadi daerah darurat penyebaran virus corona.

"Kami rencana Kota Tegal akan Lockdown lokal full, kecuali jalur provinsi dan nasional tetap buka. Seluruh perbatasan masuk kota akan kami tutup pakai MCB barier beton seberat 2 ton yang dimungkinkan warga tidak bisa memindahkan," kata Dedy Yon Supriyono saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (26/3).

Dia mengungkapkan kondisi di Kota Tegal sudah masuk situasi darurat corona. Mengingat penyebaran kasus di Jateng naik signifikan dalam beberapa hari terakhir. Kebijakan yang diambil sudah dipertimbangkan demi keselamatan warga kota Tegal.

"Jadi kalau saya bisa memilih, lebih baik saya dibenci warga daripada maut menjemput mereka. Masyarakat harus memahami karena ini sudah darurat. Masyarakat harus kompak supaya terhindar dari wabah corona," ungkapnya.

Terkait kebijakan penutupan akses berdampak menimbulkan pro kontra bagi masyarakat. Pihaknya sudah menyiapkan solusi dengan memberikan bantuan sosial melalui Dinas Sosial ke warga miskin atau yang membutuhkan.

"Pemkot koordinasi terus dengan gugus tugas untuk penangan Covid-19 dan membantu mengumpulkan dana untuk warga," imbuhnya.

Sebelumnya warga laki-laki berumur 34 tahun Kota Tegal dinyatakan positif Covid-19. Dari informasi yang dihimpun pasien positif corona punya riwayat bepergian di Abu Dhabi, Arab Saudi.

Ketika dilakukan uji laboratorium sampel swab pertama hasilnya negatif. Ketika pengambilan sampel kedua justru pada 24 Maret hasilnya positif Covid-19.

"Saat ini kondisi pasien stabil, membaik dan masih dirawat ruang isolasi," ungkapnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini