Viral Video Pencopotan Label Gereja di Tenda Bantuan Gempa Cianjur, Ini Kata Polisi

Minggu, 27 November 2022 14:00 Reporter : Bachtiarudin Alam
Viral Video Pencopotan Label Gereja di Tenda Bantuan Gempa Cianjur, Ini Kata Polisi Tangkapan layar aksi pencopotan label gereja pada tenda bantuan gempa Cianjur. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Aksi sejumlah orang mencopot label gereja pada tenda bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, viral di media sosial. Polres Cianjur telah memeriksa sejumlah orang terkait kejadian itu.

"Iya, sudah kami terima laporannya. Sangat menyesalkan adanya pencopotan tulisan di tenda pengungsi. Masyarakat Cianjur membutuhkan bantuan-bantuan dari para donatur," kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, saat dikonfirmasi merdeka.com.

Doni mengungkapkan jika aksi tersebut dilakukan sejumlah anggota organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Reformis Islam (Garis) Cianjur. "Yang melakukan pencopotan merupakan ormas Garis, dan kami sudah memeriksa beberapa orang dari ormas tersebut," tambah dia.

Dari hasil penelusuran diketahui bahwa pencopotan label dilakukan di beberapa posko pengungsian sekitar daerah Mangunkerta dan Sarampad. Doni menyatakan pihaknya akan berupaya agar kejadian ini tidak terulang kembali.

"Kami menjamin keamanan masyarakat yang akan memberikan kemanusiaan.
Kami akan tindak tegas secara hukum apabila ada yang melakukan atau menghalangi-halangi pemberian bantuan kepada masyarakat Cianjur," katanya.

2 dari 2 halaman

Hasil Pemeriksaan

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pelaku pencopotan label gereja, kata Doni, mereka alasan khawatir adanya motivasi lain di balik penyerahan bantuan.

"Adanya kekhawatiran dari ormas tersebut apabila ada motivasi lain selain penyaluran bantuan. Tapi saya peringatkan agar tidak berprasangka buruk, justru masyarakat harus berterima kasih atas bantuan dari para donatur, termasuk dari saudara-saudara kita yang beragama Nasrani," imbuh dia.

Dikutip dari akun @warungjurnalis video tersebut memperlihatkan sejumlah orang tengah mencopot label dari kertas yang terpasang pada atap tenda berwarna biru. Terdengar pula suara seorang pria yang menyebut bila bantuan tenda itu berada di pelosok Cianjur. Dengan tulisan "Tim Aksi Kasih Gereja Reformed Injili Indonesia" yang menempel di atap tenda itu.

Meski telah dicopot, para pelaku tetap membiarkan tenda-tenda berwarna biru itu tetap berdiri dan tidak merusaknya. Aksi ini hanya mencopot label yang berada di atas atap tenda.

[yan]

Baca juga:
Korban Gempa Cianjur Butuh Tenda Kecil, Ini Alasannya
Mendag Zulhas Beri Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Korban Gempa di Cianjur
Update Gempa Cianjur: Korban Tewas Bertambah Lagi, Total 321 Orang
Kemendag Salurkan Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur
Lapas Cianjur Rusak akibat Gempa, Narapidana Ditempatkan dalam Tenda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini