Viral Bendera Merah Putih Dibakar saat HUT ke-77 RI, Polda Aceh Buru Pelaku

Minggu, 21 Agustus 2022 17:00 Reporter : Alfath Asmunda
Viral Bendera Merah Putih Dibakar saat HUT ke-77 RI, Polda Aceh Buru Pelaku Bendera Merah Putih. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Ditreskrimsus Polda Aceh sedang menyelidiki asal usul pelaku dan lokasi pembakaran bendera merah putih yang videonya sempat beredar luas di media sosial (medsos) di Aceh.

"Kita masih menyelidiki pelaku ataupun lokasi pembakaran bendera merah putih dalam video yang beredar tersebut. Namun, kuat dugaan lokasinya di Aceh," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy, kepada wartawan, Minggu (21/8).

Winardy menyebut, video pembakaran bendera merah putih itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook diduga milik seseorang berinisial NU (53) pada 17 Agustus 2022, sekitar pukul 13.57 WIB.

NU diketahui merupakan warga Pidie, Aceh, yang menerima suaka politik dari UNHCR dan berdomisili di Horsens, Denmark. Dia disebut tergabung dalam kelompok Acheh Sumatra National Liberation Front (ASNLF).

2 dari 2 halaman

Video itu selanjutnya diunggah kembali oleh akun Facebook yang diduga milik TD (25), pada hari kemerdekaan Republik Indonesia itu sekitar pukul 16.25 WIB. TD merupakan warga Pidie Jaya yang juga mantan narapidana kasus narkoba.

"Kita masih terus mendalami pemilik akun Facebook yang menyebarkan video pembakaran bendera merah putih tersebut dan sejauh mana keterlibatannya dalam kasus pembakaran bendera itu," ujarnya.

"Bagi pemilik akun, jika terbukti akan dikenakan Pasal 28 ayat (2) UU ITE, karena dianggap dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)," tambah Kombes Winardy. [tin]

Baca juga:
Dedikasi Paskibra ini Luar Biasa, Terjang Banjir & Belepotan Lumpur Demi Merah Putih
Merah Putih Berkibar di Halimun, Gunung Bersejarah saat Rakyat Aceh Usir Penjajah
Cerita Warga Cianjur Bentangkan Bendera Merah Putih 220 Meter Hasil Menabung 17 Tahun
Dijahit 1.529 Pelajar, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Palembang
Meriahkan HUT RI, Buruh Ajak Ganjar Bentangkan Bendera Merah Putih 22 Meter
Upacara HUT RI ke-77, Wali Kota Makassar Kibarkan 5.000 Meter Bendera Merah Putih

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini