Laporan dari Arab Saudi

Update 30 Juni 2022: 82.437 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci

Kamis, 30 Juni 2022 13:07 Reporter : Lia Harahap
Update 30 Juni 2022: 82.437 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci Cerita Jemaah Haji Termuda asal Takalar, Gantikan Ayah Setelah Jadi Yatim Piatu. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Jumlah jemaah Indonesia yang tiba di Tanah Suci terus bertambah. Berdasarkan laporan kantor urusan haji per tanggal 29 Juni malam, total jemaah Indonesia saat ini sebanyak 82.437.

Seluruh jemaah Indonesia kini berpusat di Makkah. Sebab jemaah gelombang satu yang sebelumnya berada di Madinah, sudah diberangkatkan seluruhnya ke Makkah pada 27 Juni lalu. Sementara untuk jemaah gelombang kedua masih terus berdatangan melalui Bandara King Abdulaziz Internasional Airport (KAIA) hingga nantinya waktu closing date atau ketibaan terakhir pada 3 Juli 2022 mendatang.

Sementara hingga tanggal 30 Juni 2022, mengacu data Siskohat, jumlah jemaah wafat 16 orang. Rinciannya, delapan jemaah meninggal saat berada di Madinah, sisanya adalah jemaah yang berada di Makkah.

Seperti diketahui, Arab Saudi sudah menetapkan tanggal 9 Dzulhijjah atau 8 Juli sebagai waktu wukuf di Arafah. Sementara Indonesia menetapkan Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022.

Ketua PPIH Arab Saudi, Arsad Hidayat, meminta jemaah mulai menghemat energi jelang puncak haji. Jangan sampai karena kelelahan akhirnya jemaah tidak bisa melaksanakan ibadah utama haji di Armuzna. [fik]

Baca juga:
Mengalami Pendarahan, Satu Jemaah Haji Embarkasi Makassar Batal Berangkat
Bahagianya Mualaf asal Papua Berangkat Haji, Sempat Khawatir Batal karena Pandemi
Linjam Makkah Perkuat Seksus Masjidil Haram Agar Jemaah Lebih Aman
Linjam Makkah Ingatkan Jemaah Haji Indonesia: Jangan Merokok di Masjidil Haram!
Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal di Arab Saudi Bertambah jadi 16 Orang
Penjelasan Lengkap Dirjen PHU soal Kuota Tambahan dari Saudi Belum Dieksekusi
Dirjen PHU: Tak Cukup Waktu untuk Memproses Kuota Haji Tambahan dari Saudi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini