UNBK di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto terkendala fasilitas komputer

Senin, 3 April 2017 21:33 Reporter : Budi Widayat
UNBK di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto terkendala fasilitas komputer SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Mojokerto, Jatim, belum seratus persen sempurna. Sebab di beberapa sekolah masih ada yang kekurangan fasilitas komputer.

Salah satunya di SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Jumlah laboratorium komputer tidak cukup untuk 449 siswa peserta ujian. Akibatnya, pihak sekolah terpaksa membagi pelaksanaan Ujian Nasional menjadi dua sesi.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Mojokerto, Harol Kritiandoko, mengatakan, laboratorium komputer saat ini hanya ada 11 ruangan.

"Sesi pertama dilaksanakan pukul 07.30 sampai 09.30 WIB, dengan jumlah peserta sebanyak 225 siswa. Kemudian dilanjutkan sesi kedua pukul 09.30 sampai 12.30, pesertanya 224 siswa," kata Harol, Senin (03/4).

Sebenarnya, kata dia, dengan membagi pelaksanaan ujian menjadi 2 sesi ini, ada kekhawatiran adanya kebocoran soal ujian. Itu sebabnya, pengawasan selama ujian diperketat.

"Pelaksanaan UNBK hari pertama tidak ada kendala dan berlangsung lancar. Untuk mengantisipasi kecurangan, pengawasan dilakukan secara ketat," ujar Harol.

Ditambahkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota Mojokerto, Arif Hamsyah,pada hari pertama pelaksanaan UNBK di Kota Mojokerto maupun di Kabupaten Mojokerto, secara umum berlangsung lancar. Tidak ada laporan adanya kendala baik teknis maupun non teknis dari pihak sekolah penyelenggara UNBK.

"Saya belum menerima adanya laporan kendala maupun gangguan dari sekolah penyelenggara. Termasuk belum ada laporan adanya siswa peserta ujian yang absen atau tidak bisa ikut," kata Arif Hamsyah, di Kantornya, Senin (03/4).

Menurut Arif, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT.Telkom dan PLN, supaya selama pelaksanaan UNBK di Mojokerto, tidak ada pemadaman listrik maupun gangguan jaringan internet. Sehingga pelaksanaan UNBK di Mojokerto bisa berlangsung lancar.

"Saya sudah koordinasi dengan PLN maupun PT Telkom, untuk bersama sama mengantisipasi kendala teknis selama pelaksanaan UNBK di Mojokerto," terang Arif.

Tahun ini, jumlah peserta UNBK SMK di Mojokerto sebanyak 14.941 siswa. Dengan rincian, 9.047 siswa SMK di Kota Mojokerto, dan 5.894 siswa SMK di Kabupaten Mojokerto, baik swasta maupun negeri.

Pelaksanaan UNBK dilaksanakan mulai Senin (03/4) hingga hari Kamis (06/3). Mata pelajaran yang diujikan di antaranya, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa inggris, dan mata pelajaran sesuai dengan jurusan yakni Teknik Gambar Bangunan, Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini