Turap Pondok Bahar jebol, perumahan di Tangerang banjir

Kamis, 14 November 2013 18:11 Reporter : Mitra Ramadhan
Turap Pondok Bahar jebol, perumahan di Tangerang banjir Turap Pondok Bahar jebol. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Meluapnya Kali Angke akibat kiriman air dari Bogor, Jawa Barat, membuat turap yang sedang dibangun di Perumahan Pondok Bahar, Karang Tengah, Kota Tangerang, jebol. Kejadian ini menyebabkan perumahan itu semakin terendam banjir.

"Di belakang Perumahan Pondok Bahar sekitar Blok O dan K, sedang proses penurapan. Ketika turap belum selesai, air datang dan meninggi. Akhirnya turap bolong sekitar 10-30 meter, dan masuk ke perumahan warga," kata Plt Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah ditemui di Perumahan Pondok Bahar, Kamis (14/11).

Menurutnya, ketinggian air yang membanjiri ratusan perumahan warga sekitar 30-70 centimeter. Pihaknya langsung menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk membuat tanggul untuk menahan turap yang jebol.

"Ketinggian air variatif, yang paling tinggi di dekat Kali Angke," kata Arief.

Dia mengaku pembangunan turap Kali Ange itu terkendala anggaran. Untuk pembangunan turap di 17 hektare lahan, sedikitnya membutuhkan anggaran Rp 300 miliar. Sementara untuk pembebasan lahan, Kota Tangerang hanya mengalokasikan anggaran Rp 50 miliar dalam APBD 2013.

"Untuk itu kita coba pola, apa pembangunan ini akan dilakukan provinsi dan pusat, karena ini juga akan jadi aset mereka. Tahun depan targetnya turap harus sudah selesai," katanya.

Sementara terkait jumlah wilayah yang terkena banjir Kali Angke, menurut Arief, ada sekitar 7 titik, di antaranya Perumahan Ciledug Indah 1 dan 2, Pondok Bahar serta Kelurahan Petir dan Gondrong.

[did]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Banjir Tangerang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini