Transformasi Digital di Sektor Kesehatan Indonesia

Rabu, 30 November 2022 18:03 Reporter : Merdeka
Transformasi Digital di Sektor Kesehatan Indonesia Direktur Ekonomi Digital Kominfo, Nyoman Adhiarna. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Kehadiran teknologi digital dan informasi membuat seluruh industri harus beradaptasi dan bertransformasi, termasuk industri kesehatan. Direktur Ekonomi Digital Kominfo, I Nyoman Adhiarna menyampaikan teknologi informasi merupakan backbone atau tulang punggung dari transformasi sistem kesehatan nasional.

Adhiarna menjelaskan peran Kemkominfo yang sebelumnya menjadi regulator, namun kini lebih menekankan peran sebagai fasilitator khususnya mendorong sektor-sektor termasuk sektor kesehatan dalam melakukan transformasi digital.

"Ada empat aspek yang ingin kita bangun, pertama adalah infrastruktur digital, kedua ekonomi digital, ketiga adalah pemerintah digital, dan masyarakat digital. Kedepannya, kita akan bertindak sebagai akselerator khususnya mendorong sektor-sektor termasuk sektor kesehatan," ujar Adhiarna, Senin (28/11).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia, Ade Jubaedah menuturkan, transformasi digital juga mempengaruhi pelayanan kesehatan bidang kebidanan.

2 dari 2 halaman

"Betapa besar peran penting Bidan khususnya dalam mengawal kesehatan Ibu dan Anak di seluruh Indonesia," jelas dia.

Webinar kali ini merupakan kerja sama Kementerian Kominfo Republik Indonesia dan Sehati Group, didukung oleh Asosiasi Telemedik Indonesia (Atensi) dan Ikatan Bidan Indonesia.

[ded]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini