Tragedi Kanjuruhan, Kasad Sebut Banyak Prajurit Evakuasi Korban ke Rumah Sakit

Kamis, 6 Oktober 2022 14:52 Reporter : Darmadi Sasongko
Tragedi Kanjuruhan, Kasad Sebut Banyak Prajurit Evakuasi Korban ke Rumah Sakit Kasad Dudung Abdurachman tanggapi permintaan maaf Effendi Simbolon. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Tragedi Kanjuruhan tinggalkan duka mendalam bagi dunia sepak bola Indonesia. Jumlah korban berjatuhan per hari ini, Kamis (6/10) mencapai 577 orang. Proses evakuasi terhadap para korban melibatkan berbagai pihak, di mana salah satunya adalah anggota TNI.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, saat peristiwa tersebut terjadi, mayoritas anggota TNI menolong hingga membawa korban ke rumah sakit, meskipun terdapat beberapa anggota yang sempat terlibat bentrok di stadion. Pihaknya juga menegaskan terkait anggota TNI yang terlibat bentrok, hingga saat ini masih dilakukan proses penyelidikan.

"Ini kan masih ada tim yang akan mengecek, sejauh mana keterlibatan anggota. Kenapa itu bisa terjadi. Karena situasi lah ya, kita juga tidak tahu bisa seperti itu. Tetapi yang jelas itu hanya beberapa orang mungkin karena emosi atau terpancing dan lebih banyak justru yang menolong, yang mengevakuasi sampai ke rumah sakit, rata-rata anggota kita," kata Dudung saat ditemui wartawan di Malang, Kamis (6/10).

Dudung juga mengungkapkan bela sungkawa dan mendoakan korban-korban tragedi Kanjuruhan tersebut. "Tentunya saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat, berdoa semoga yang masih dirawat cepat sembuh, dan kepada saudara-saudara kita semoga almarhum dan almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan keluarganya diberikan kekuatan dan ketabahan," tuturnya.

Dia juga berencana akan menemui anggotanya di Batalyon Zipur 5 untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas tindakan para anggota yang menolong korban. Sementara itu, Dudung juga mengatakan, apabila terdapat anggota TNI yang melakukan tindakan kekerasan, maka pihaknya akan segera melakukan proses hukum.

Reporter: Putri Oktafiana [cob]

Baca juga:
Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Kasad Beri Santunan dan Doakan Lekas Sehat
Update Data Korban Luka Tragedi Kanjuruhan yang masih Dirawat di Rumah Sakit
Jokowi Teken Keppres TGIPF Kanjuruhan, Ini Tugas dan Kewenangannya
Cerita Remaja Asal NTT Bersama Tunangannya Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini