Tidak Bawa Surat Sehat, Wisatawan Tak Boleh Kunjungi Objek Wisata di Yogyakarta

Kamis, 23 Juli 2020 10:29 Reporter : Fikri Faqih
Tidak Bawa Surat Sehat, Wisatawan Tak Boleh Kunjungi Objek Wisata di Yogyakarta Tugu Yogyakarta. ©2017 merdeka.com/purnomo edi

Merdeka.com - Pemerintah Kota Yogyakarta mengambil langkah lebih ketat terkait aturan kedatangan rombongan wisatawan dari masyarakat. Pengetatan ini sebagai upaya pencegahan penularan virus corona, di antaranya dengan mewajibkan wisatawan membawa surat sehat.

"Untuk rombongan wisatawan umum, diharapkan membawa surat sehat. Pada akhir pekan lalu, belum semua wisatawan menaati aturan dengan membawa surat sehat," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Kamis (23/7).

Menurutnya, aturan wisatawan membawa surat sehat tersebut akan lebih diketatkan pada akhir pekan ini. Bahkan, wisatawan bisa saja tidak boleh melanjutkan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Yogyakarta apabila tidak membawa surat sehat.

Pada akhir pekan lalu, tercatat sebanyak 38 bus pariwisata berukuran besar masuk ke Tempat Khusus Parkir (TKP) Senopati dengan membawa sebanyak 1.341 penumpang. Wisatawan tersebut rata-rata berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta.

Catatan tersebut belum termasuk data dari TKP Abu Bakar Ali, namun diperkirakan jumlah bus yang masuk di lokasi parkir tersebut sekitar 50 persen dari bus di Senopati. Rata-rata bus memenuhi aturan kapasitas maksimal yaitu 70 persen dari total kapasitas.

"Pada akhir pekan lalu, ada satu bus yang membawa rombongan wisatawan diminta untuk tidak menurunkan wisatawan di Yogyakarta karena tidak membawa surat sehat," jelas Heroe seperti dilansir dari Antara.

Baca Selanjutnya: Dia menambahkan banyaknya biro perjalanan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini