Terungkap Ini Surat Lukas Enembe Tagih Janji Ketua KPK Firli Bahuri

Selasa, 7 Februari 2023 13:26 Reporter : Merdeka
Terungkap Ini Surat Lukas Enembe Tagih Janji Ketua KPK Firli Bahuri Lukas Enembe Resmi Huni Rutan KPK. ©2023 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe menagih janji kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Lukas menagih janji tersebut kepada Firli melalui surat yang dia tulis sendiri dengan tangannya.

Lukas meminta Firli menepati janjinya untuk memberikan kesempatan Lukas berobat ke Singapura. Surat itu ditulis Lukas pada 29 Januari 2023.

"Kondisi kesehatan saya semakin tidak baik selama di rumah tahanan KPK. Tolong bapak mengerti kesehatan saya ini untuk segera berangkatkan saya ke Singapura dalam minggu ini," demikian garis beras keinginan Lukas dalam surat tersebut.

2 dari 3 halaman

Berikut isi surat Lukas Enembe untuk Firli Bahuri:

Kepada Yth Ketua KPK di Jakarta

Dengan hormat, Bpk Ketua yang saya hormati. Sesuai dengan komitmen dan janji bapak bulan lalu untuk berobat di Singapura.

Kondisi kesehatan saya semakin tidak baik selama di rumah tahanan KPK. Tolong bapak mengerti kesehatan saya ini untuk segera berangkat saya ke Singapura dalam minggu ini.

Demikianlah hormat saya dalam permohonan surat ini untuk dimakluminya.

Jakarta, 29/1/2023
Lukas Enembe

Sementara itu, tim penasihat hukum Lukas Enembe, Emanuel Herdyanto, membenarkan bahwa surat tersebut ditulis langsung oleh Lukas. Namun, hingga kini pihak KPK belum menanggapi surat tersebut.

"Belum (ada tanggapan dari KPK)" kata Emanuel melalui keterangan tertulisnya, Selasa (7/2).

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyebut tak ada yang mengetahui janji Ketua KPK Firli Bahuri kepada Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe.

Janji itu diduga dibisikkan Firli ke Lukas Enembe saat purnawirawan Polri itu melihat kondisi Lukas di Papua pada Kamis, 3 November 2022 lalu. Saat itu Lukas belum ditangkap tim penyidik lembaga antirasuah.

"Pak Firli saja yang tahu apa janji yang dibisikin ke tersangka (Lukas Enembe)," ujar Nawawi dalam keterangannya, Kamis (2/2).

Nawawi meminta tim penyidik kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua tak terpengaruh dengan janji Firli kepada Lukas. Nawawi berharap tim penyidik terus bekerja sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"Penyidik tidak perlu terpengaruh dengan hal semacam itu," kata Nawawi.

3 dari 3 halaman

Menurut Nawawi, dengan kejadian ini bisa menjadi pengingat bagi seluruh insan KPK agar tetap bekerja bersama sesuai UU Nomor 19 Tahun 2019.

"Harusnya ini jadi peringatan bagi kami untuk menghindari style kerja yang cenderung one man show," Nawawi memungkasi.

Diketahui, Lukas Enembe memberikan surat kepada Firli Bahuri pada Rabu, 1 Februari 2023. Surat itu ditulis tangan oleh Lukas. Pesannya dikirim kepada bagian penyuratan KPK oleh tim penasihat hukum Lukas, Petrus Bala Pattyona.

"Iya, Pak Lukas sendiri yang tulis," kata Petrus, Rabu, 1 Februari 2023 kemarin.

Petrus tak merinci isi surat tersebut. Namun Petrus menyebut surat itu berisi penagihan janji dari Lukas Enembe kepada Firli Bahuri.

"Intinya menagih janji Bapak Firli," kata Petrus.

KPK menetapkan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Lukas Enembe diduga menerima suap atau gratifikasi sebesar Rp10 miliar.

Selain itu, KPK juga telah memblokir rekening dengan nilai sekitar Rp76,2 miliar. Bahkan, KPK menduga korupsi yang dilakukan Lukas Enembe mencapai Rp1 triliun.

Reporter: Fachrur Rozie/Liputan6.com [fik]

Baca juga:
KPK Geledah Kantor Dinas PUPR Papua, Dikawal Brimob Bersenjata Lengkap
KPK Tegaskan Tak akan Istimewakan Lukas Enembe
KPK Geledah Kantor PU Papua Terkait Kasus Lukas Enembe
Respons KPK Dilaporkan ke Komnas HAM Dianggap Abai Kesehatan Lukas Enembe
KPK Panggil Plh Gubernur Papua dan 10 Saksi Terkait Kasus Lukas Enembe
Komnas HAM Hormati Proses Hukum Lukas Enembe oleh KPK
KPK Telusuri Harta Kekayaan Lukas Enembe

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini