Terpantau Berada di Luar Negeri, Veronica Koman Diburu Interpol Usai Jadi Tersangka

Kamis, 5 September 2019 16:52 Reporter : Merdeka
Terpantau Berada di Luar Negeri, Veronica Koman Diburu Interpol Usai Jadi Tersangka Veronica Koman. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepolisian menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka penyebar berita bohong atau hoaks serta provokasi terkait dengan Papua. Hal itu dilakukannya melalui media sosial twitter dengan akun @VeronicaKoman.

Saat ini, kata Menko Polhukam Wiranto, Veronica yang sedang berada di luar negeri sedang diburu International Criminal Police Organization atau Interpol.

"Ini sekarang sedang diburu oleh Interpol, karena berada di luar negeri. Tapi sudah tersangka," ucap Wiranto saat jumpa pers melaporkan kondisi keadaan di Papua dan Papua Barat di kantornya, Jakarta, Kamis (5/9).

Wiranto tidak ingin menjelaskan lebih jauh seperti apa sebaran berita hoaks yang dilakukan Veronica karena menurutnya sudah viral di media sosial.

"Saya kira sudah viral toh, apa yang diucapkan sebagai provokasi-provokasi, menghasut untuk terus melaksanakan perlawanan, melaksanakan demonstrasi anarkis, telah dijadikan tersangka," jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, Veronica memprovokasi melalui twitter dengan akun @VeronicaKoman.

"Narasi-narasinya, sebagai contoh narasinya yang dibunyikan ada korban pemuda Papua yang terbunuh, yang tertembak, kemudian ada konten-konten yang bersifat provokatif ya. Untuk mengajak merdeka dan lain sebagainya. Itu sudah dilacak dari awal," kata Dedi di Mabes Polri, Rabu (4/9).

Dedi membeberkan, status-status itu ditulis Veronica saat berada di Jakarta dan luar negeri. "Ada beberapa jejak digital yang masih didalami, masih ada yang didalami di Jakarta dan beberapa yang memang ada di luar negeri. Itu masih didalami laboratorium digital forensik," tuturnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini