Tak Terima Ditegur dengan Kata-Kata Kasar, 2 Kelompok Pemuda Aniaya Warga

Selasa, 24 Mei 2022 05:29 Reporter : Arie Sunaryo
Tak Terima Ditegur dengan Kata-Kata Kasar, 2 Kelompok Pemuda Aniaya Warga Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Merasa senasib, dua kelompok pemuda di Solo melakukan pengeroyokan terhadap seseorang berinisial MY (46) warga Mutihan, Sondakan yang diduga preman. Peristiwa terjadi di parkiran jalan depan tempat karaoke, kompleks salah satu mal di Laweyan, Solo, Kamis (23/5) dini hari.

Beruntung korban bisa melarikan diri dan mendapat perlindungan. Namun korban mengalami pemukulan dengan tangan kosong, helm dan lainnya. Akibatnya korban mengalami luka memar dan robek berdarah di sekujur tubuhnya. Korban juga mengalami patah tulang pada tangan kiri dan kanan hingga dilakukan operasi.

Setelah menerima laporan, tim Polresta Surakarta segera bergerak untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan. Pengejaran dilakukan terhadap dua kelompok yang melakukan penganiayaan. Namun hanya satu kelompok yang bisa diamankan. Satu kelompok lainnya saat ini masih dalam pengejaran.

Anggota Satreskrim Polresta Surakarta berhasil membekuk tiga pelaku. Ketiga tersangka, berinisial SAP (37) warga Mojosongo, Boyolali, BAS (21) warga Boyolali dan PHL (27), warga Jebres, Solo.

Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, ketiga pelaku ini tidak terima ditegur oleh korban. Kemudian mereka melakukan aksi pengeroyokan. Mereka dibantu oleh kelompok lain yang juga tidak terima karena teguran MY.

"Kowe tak pateni piye, (kamu saya bunuh bagaimana), yen meh jajal aku (mau coba saya), yen padu ra neng kene (kalau berkelahi jangan di sini). Kene keamanane aku (di sini saya sebagai keamanan), kene wilayah ku (ini wilayah saya)," ujar Ade menirukan ancaman MY, saat konferensi pers di Mapolresta Surakarta, Senin (23/5).

Korban, lanjut Ade, juga menyebut nama salah satu perguruan silat organisasi kepemudaan. Sementara peristiwa penganiayaan bermula, saat ketiga tersangka tiba di kawasan tempat hiburan tersebut sekira pukul 20.00 WIB untuk merayakan ulang tahun BAS.

Saat tengah malam, BAS cek-cok dengan teman wanitanya berinisial D (saksi) di kawasan parkir luar karaoke. Tak lama ia ditegur oleh MY dengan kata-kata kasar. Setelah ditegur SAP didatangi oleh kelompok lain.

"Kelompok lain itu bertanya ada apa mas. Rupanya kelompok itu juga sempat ditegur dengan kasar dan menyimpan sakit hati pada korban," katanya.

Kelompok BAS kemudian bergabung dengan kelompok yang masih diidentifikasi oleh polisi itu untuk mengeroyok MY.

2 dari 2 halaman

Dikatakan Ade, ada tiga TKP dalam pengeroyokan tersebut. Yang pertama di area parkir luar tempat karaoke, kemudian di area luar parkir karena korban mencoba melarikan diri, dan terakhir berada di salah satu instansi di depan mal dekat dengan karaoke tersebut.

"Korban pergi ke instansi itu untuk mendapatkan perlindungan," terang Ade.

Berdasarkan keterangan para saksi dan hasil pemeriksaan dokumen elektronik, polisi menangkap ke tiga tersangka di rumahnya masing-masing pada, Jumat (13/5) sekitar pukul 23.00.

"Untuk kelompok lain yang terlibat masih kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Selain ketiga tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 2 buah kursi plastik rusak, dokumen elektronik, helm warna putih serta barang bukti lainnya.

"Ketiga tersangka kita kenakan Pasal 170 ayat 1 dan ayat 2 ke 1 KUHP. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara," katanya.

Baca juga:
Sopir Pajero Bantah Tampar Pengemudi Yaris: Hanya Menoel
Sopir Pajero Kesal Kehidupan Pribadi Dibongkar Usai Tampar Pengemudi Yaris di Tol
Pengakuan Sopir Pajero sampai Tampar Pengendara Yaris di Tol
Jabat Tangan, Pengemudi Pajero Cekik-Tampar Sopir Yaris di Tol Berakhir Damai
Polisi Kantongi Identitas Sopir Pajero Cekik dan Tampar Pengendara di Tol Tomang
Viral Video Pengemudi Pajero Aniaya Sopir Yaris, Polisi Lakukan Penyelidikan
Pengendara Dicekik dan Ditampar di Tol Tomang Laporkan Pengemudi Pajero

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penganiayaan
  3. Viral Hari Ini
  4. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini