Tak Antivaksin, PKS Yogyakarta Gelar Vaksinasi Massal Covid-19

Minggu, 8 Agustus 2021 00:00 Reporter : Purnomo Edi
Tak Antivaksin, PKS Yogyakarta Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 Vaksinasi massal yang digelar DPD PKS Kota Yogyakarta, Sabtu (7/8). ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - DPD PKS Kota Yogyakarta menggelar vaksinasi massal di Aula Kantor DPW PKS DIY, Sabtu (7/8). Vaksinasi bertajuk Jogja Merdeka Vaksin ini diikuti 500 peserta dan dibagi menjadi 5 sesi.

Ketua DPW PKS DIY Agus Mas'udi mengungkapkan, vaksinasi massal yang digelar itu sekaligus sebagai jawaban atas banyaknya pertanyaan masyarakat soal vaksin Covid-19. Pertanyaan utamanya tentang sikap PKS terhadap vaksinasi.

"Di masyarakat kita masih terjadi perdebatan vaksin dan antivaksin. Kami dari PKS menyatakan sikap jelas bahwa kami mendukung vaksinasi yang digelar pemerintah karena vaksinasi ini efektif menanggulangi penyebaran wabah Covid-19," ujar Agus.

Agus menjelaskan, situasi pandemi layaknya perang melawan penjajah. Sama seperti masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Bedanya kita sekarang menghadapi musuh yang tidak terlihat, sehingga senjata kita sekarang hanya menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi ibarat baju besi atau rompi anti peluru kita," tegas Agus.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Yogyakarta Nasrul Khoiri menyebut vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19 dan meminimalisasi dampak serius paparan Covid-19. Kegiatan ini sudah menjadi program utama pemerintah sekaligus menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Nasrul memaparkan, dari evaluasi di lapangan masih ditemukan beberapa tantangan dan hambatan dalam pelaksanaan vaksin. Tantangan dan kendala ini di antaranya adalah sebaran dan ketersediaan stok vaksin yang tidak merata, serta kesadaran masyarakat untuk menjalani vaksinasi belum maksimal.

"Perlu upaya serius dan terobosan kreatif dari pemerintah untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada," ucap Nasrul.

Nasrul membeberkan, DPD PKS Kota Yogyakarta sebagai bagian komponen masyarakat berkomitmen memberikan dukungan penuh atas upaya tersebut. Salah satu bentuknya adalah menyelenggarakan agenda vaksinasi massal dengan sasaran target kader, simpatisan dan keluarga serta masyarakat umum.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan yang telah membantu ketersediaan slot vaksin untuk kebutuhan vaksinasi massal PKS," ungkapnya.

Nasrul menambahkan, seluruh SDM kegiatan vaksinasi massal ini berasal dari kader-kader kesehatan PKS Kota Yogyakarta, sehingga tidak mengganggu prioritas pelayanan tenaga kesehatan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Harapannya dengan momentum peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Agustus ini, bangsa Indonesia umumnya dan warga masyarakat Kota Yogyakarta bersatu padu, merdeka dari ancaman pandemi covid," pungkas Nasrul.

Baca juga:
Wakapolri Gatot: Tidak Mungkin Polri Bekerja Sendiri Capai Herd Immunity
Kemenkes Belum Rencanakan Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Masyarakat
Nakes Kota Tangerang Disuntik Vaksin Dosis Ketiga Mulai Hari Ini
Ditjen Dukcapil: Yang Belum Punya NIK Bisa Tetap Diproses untuk Vaksinasi
Ratu Atut, Pinangki dan Eni Saragih Tak Ikut Vaksinasi Masal di Lapas Tangerang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini