Sultan HB X Sebut Kertas Suara Lebih Baik Gambar Orang Daripada Nama

Rabu, 17 April 2019 11:16 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X Sebut Kertas Suara Lebih Baik Gambar Orang Daripada Nama Sultan HB X Gunakan Hak Suaranya di TPS 15. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menggunakan hak pilihnya di TPS 15 yang berada di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (17/4). Dia ditemani oleh sang istri GKR Hemas dan empat orang putrinya yaitu GKR Maduretno, GKR Condrokirono, GKR Hayu dan GKR Bendara serta empat menantunya.

Usai menggunakan hak pilihnya, Sultan HB X mengatakan, jika waktu pencoblosan memerlukan waktu yang lama. Hal ini karena harus mencoblos lima surat suara secara berurutan.

"Karena lima ya, jadi saya kira kalau DPD kan terbatas. Presiden dan wakil presiden kan terbatas jadi kan tipis saja. Yang gak paham itu kan nggak ada gambar orangnya," katanya.

Raja Keraton Yogyakarta ini mengatakan jika secara psikologis, orang akan lebih mudah mengenali wajah dibandingkan nama calon wakil rakyat. Hal ini membuat masyarakat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencari calon wakil rakyat yang akan dipilihnya.

"Kalau saya lebih cenderung lebih baik gambar orang daripada nama," ungkapnya.

Sultan HB X pun mengakui jika kecilnya bilik suara dan lebarnya kertas suara pun membuat proses pencoblosan lebih lama. Sultan sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk mencoblos di bilik suara.

"Lebarnya cukuplah dengan panjangnya. Itu tempat untuk biliknya seperti itu kertasnya ketekuk tekuk (terlipat)," pungkasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini