Sultan HB X Ingatkan Ajaran Sultan Agung untuk Hadapi Virus Corona

Selasa, 14 April 2020 11:44 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X Ingatkan Ajaran Sultan Agung untuk Hadapi Virus Corona pertemuan sultan dengan raja belanda. ©instagram/kratonjogja

Merdeka.com - Raja Keraton Yogyakarta yang sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengingatkan masyarakat Yogyakarta akan ajaran Sultan Agung, di tengah masa pandemi virus corona. Sultan HB X menyebut jika virus corona ini merupakan bagian ujian bagi manusia sekaligus ajang intropeksi diri.

"Ajaran Sultan Agung itu Mangasah Mangising Budi, Memasuh Malaking Bumi, bermakna mengasah ketajaman akal-budi, membasuh malapetaka bumi. Relevansinya, kini kita harus meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, bersamaan dengan melestarikan lingkungan," ujar Sultan HB X, Selasa (14/4).

Di tengah masa pandemi virus corona ini, Sultan HB X mengingatkan ada tiga sikap serakah dari diri manusia. Sultan HB X mengistilahkannya menjadi 3G.

"Sifat serakah "3G" golek menange dewe (cari menangnya sendiri), golek butuhe dewe (cari kebutuhan untuk sendiri), dan golek benere dewe (cari benarnya sendiri). Saatnya dicuci habis," tegas Sultan.

Sultan HB X juga mengingatkan jika masa pandemi virus corona ini adalah saat yang tepat pula bagi manusia untuk mawas diri. Apakah akan menjadi sosok yang hanya mementingkan diri sendiri dalam kondisi saat ini atau justru menjadi sosok yang peduli pada sesama.

"Kini adalah saat yang tepat untuk mawas diri, apakah kita cuma mementingkan diri sendiri ataukah migunani tumpraping liyan? Islam mengajarkan sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang berguna bagi sesama," tegas Sultan HB X. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini