Soal Isu Palestina, Indonesia Tetap Dukung Kemerdekaan Hak Setiap Bangsa

Jumat, 31 Januari 2020 08:05 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Soal Isu Palestina, Indonesia Tetap Dukung Kemerdekaan Hak Setiap Bangsa Fadjroel Rachman di Istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Jubir Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rahman menegaskan, Indonesia tetap berpegang teguh dan konsisten pada amanah konstitusi UUD Tahun 1945 dalam menyikapi isu Palestina.

Hal itu menyusul pertemuan Presiden AS Donald Trump dan PM Israel Benyamin Netanyahu yang membahas Peta Baru Palestina dalam proposal damai bertajuk Perjanjian Abad Ini.

"Berkaitan dengan pertemuan Presiden AS Donald Trump dan PM Israel Benyamin Netanyahu di Gedung Putih, Washington D.C, Berdasarkan arahan Menlu Retno Marsudi, sekali lagi Indonesia menegaskan bahwa tentang isu Palestina, pemerintah Indonesia berpegang teguh dengan konsisten pada amanah Konstitusi UUD 1945," kata Fadjroel, Kamis (30/1).

Fadjroel mengungkapkan, sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Sebab tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Karena itu, dia menambahkan, penyelesaian masalah Palestina harus berlandaskan prinsip two-states solution yang menghormati hukum internasional dan parameter yang telah disepakati oleh dunia internasional.

"Indonesia juga terus aktif menghidupkan kembali dialog yang melibatkan para pihak demi tercapainya stabilitas dan perdamaian abadi," pungkas Fadjroel. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini