Siswa SD Pekayon Bekasi Belajar di Lantai Selama Dua Tahun

Jumat, 13 September 2019 16:45 Reporter : Adi Nugroho
Siswa SD Pekayon Bekasi Belajar di Lantai Selama Dua Tahun anak-anak suriah belajar di dalam gudang. ©2016 AFP PHOTO/MOHAMAD ABAZEED

Merdeka.com - Sekitar 150 siswa SDN Pekayon Jaya 3 di Bekasi Selatan, Kota Bekasi, belajar di lantai akibat tak tersedianya kursi dan meja. Kondisi ini berlangsung sejak Desember 2017 lalu. Siswa yang belajar di lantai terdiri dari 6A, 6B, 5B, 2A, 2B dan 1B.

Wali Kelas 6 A Agus Herlana mengatakan, ruang kelas yang belum dilengkapi meja dan kursi merupakan gedung baru. Menurut dia, pihak sekolah telah mengajukan ke pemerintah agar fasilitas belajar ini segera direalisasikan.

"Saya kira ini lebih urgent itu (meja dan kursi) untuk kelancaran belajar, karena lama kelamaan anak itu kan hilang konsentrasi," kata Agus, Jumat (13/9).

Dia mengatakan, sistem belajar selama ini para siswa membawa meja lipat dari rumah untuk belajar di sekolah. Tetapi bagi yang tak mampu terpaksa belajar di lantai sambil membungkuk.

Salah satu siswa kelas 6A, Fikri Muhammad Daffa, mengatakan, sudah hampir dua tahun belajar tanpa menggunakan meja dan kursi. Namun, dia mengaku menikmatinya.

"Nikmatin saja belajar seperti ini," ujar warga Pekayon Jaya ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan, instansinya telah menyiapkan anggaran daerah sebesar Rp11 miliar untuk pengadaan meubelair untuk sekolah dasar dan menengah pertama.

"Prioritas untuk gedung baru, tapi kalau ada sisanya dipakai peremajaan," kata Inay.

Menurut dia, meubelair tersebut bakal didistribusikan untuk 99 rombongan belajar (Rombel) di 76 SD Negeri dan 77 Rombel di 47 SMP Negeri. [gil]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini