Sepanjang 2020-2021, Investasi di Kabupaten Bogor Tembus Rp9,1 Triliun

Sabtu, 15 Januari 2022 01:02 Reporter : Rasyid Ali
Sepanjang 2020-2021, Investasi di Kabupaten Bogor Tembus Rp9,1 Triliun Bupati Bogor Berharap Jokowi Resmikan Huntap Korban Bencana Alam 2020. ©2021 Merdeka.com/Rasyid Ali

Merdeka.com - Gairah investasi di Kabupaten Bogor, masih cukup meyakinkan meski terpaan pandemi Covid-19 belum berhenti. Medio 2020-2021 investasi di Bumi Tegar Beriman tercatat menyentuh Rp9,1 triliun dari pelbagai sektor.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor mencatat, besaran investasi Rp9,1 triliun itu berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

"PMA itu sebesar Rp4,7 triliun dan PMDN sekitar Rp4,3 triliun. Semua data itu, diperoleh dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu," kata Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani, Jumat (14/1).

Dilihat dari sektornya, investasi tertinggi berasal dari perdagangan dan reparasi yang mencapai Rp2,1 triliun dengan jumlah 20 proyek. Disusul sektor transportasi, pergudangan dan telekomunikasi Rp1,5 triliun dari 73 proyek.

Bupati Bogor, Ade Yasin pun melihat Bumi Tegar Beriman masih cukup 'seksi' bagi para investor. Agar investor semakin banyak masuk, dia pun berjanji untuk mengawal kemudahan berinvestasi.

"Akan dikawal terus kondusifitan iklim investasi di Kabupaten Bogor, dinas penanaman modal juga harus memberi kemudahan. Karena ini akan berdampak pada upaya pemulihan ekonomi," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Bogor akan membuka peluang investasi sebesar-besarnya, baik dari investor asing maupun domestik.

"Jadi anggap mereka (investor) itu datang ke sini itu tidak punya uang, kita bantu mereka. Setelah berdiri kan ada pajak, ada retribusi dan lain-lain sehingga akhirnya pengusaha, masyarakat, dan pemerintah mendapat manfaatnya," kata Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Ia menyebutkan bahwa kondisi perekonomian di Kabupaten Bogor masih terbilang kondusif, meski memiliki tantangan untuk memajukan ekonomi.

Baca juga:
BAPPEBTI Terbitkan Izin Emas Digital Pertama untuk Treasury
Mengenal NFT dan Cara Kerjanya, Aset Digital yang Sedang Melejit
Simak Tips Sukses Investasi Kripto Bagi Pemula
Realisasi Investasi Sektor ESDM Capai USD 28,2 Miliar di 2021
Menteri Investasi Sebut Komplek Petrokimia Mulai Dibangun Usai Mangkrak 5 Tahun
Peluang Indonesia Battery Corporation Akuisisi StreetScooter Sudah Tertutup

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Investasi
  3. Bogor
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini