Sedang Berkebun, Warga Aceh Diseruduk Gajah Liar hingga Patah Tulang Dada

Selasa, 25 Mei 2021 13:00 Reporter : Alfath Asmunda
Sedang Berkebun, Warga Aceh Diseruduk Gajah Liar hingga Patah Tulang Dada gajah. shutterstock

Merdeka.com - Seorang warga di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chik Di Tiro Sigli, usai diseruduk gajah liar saat sedang bekerja di lahan kebun kopi. Korban bernama M Daud mengalami patah tulang di bagian dada sebelah kanan.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh, Kamaruzzaman mengatakan kejadian tersebut menimpa M Daud pada hari Sabtu (22/5) sekitar jam 12.00 WIB.

Saat itu, dia bersama seorang temannya, sedang bekerja di kebun kopi dan tidak mengetahui kedatangan gajah liar di sekitar mereka.

"Sekalipun gajah itu besar, kalau dia berjalan di semak-semak itu kan tidak kelihatan juga. Suara langkah kakinya pun kecil," kata Kamaruzzaman dikonfirmasi Merdeka.com, Selasa (25/5).

warga tangse pidie ditandu warga usai diseruduk gajah liar
©2021 Merdeka.com/Alfath Asmunda

Dia menuturkan, berdasarkan keterangan Marzuki, rekan korban yang berada di kebun, Daud sempat bersembunyi di belakang pohon. Namun gajah liar tersebut kembali mendatanginya dan menyeruduk tubuh korban berapa kali.

Marzuki yang dalam posisi aman karena cepat lari menyelamatkan diri, belum bisa memberikan bantuan. "Dia tidak berani memberi bantuan, karena terkait gajah liar, takut juga dia kan. Setelah posisi gajah mundur, baru dia datang menyelamatkan temannya itu," ungkap Kamaruzzaman.

Usai kejadian itu, pihak BKSDA Aceh menurunkan tim ke lokasi kejadian di Gampong (desa) Blang Dalam, Kecamatan Tangse, Pidie. Hasil pantauan tim, gajah masih berada di sekitar wilayah Gampong.

"Kita masih coba lakukan penggiringan gajah supaya masuk ke habitatnya," ungkap Kamaruzzaman.

[bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gajah Liar
  3. Banda Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini