Salat Pakai Masker, Jemaah Dimarahi Pengurus Masjid di Bekasi

Minggu, 2 Mei 2021 21:43 Reporter : Merdeka
Salat Pakai Masker, Jemaah Dimarahi Pengurus Masjid di Bekasi Salat mengenakan masker di Masjidil Haram. ©2021 AFP

Merdeka.com - Rekaman video tentang seorang jemaah dimarahi sekelompok orang lantaran mengenakan masker beribadah di Masjid Al Amanah, Medan Satria, Bekasi Kota, beredar di media sosial. Peristiwa itu telah ditangani polisi.

Kapolres Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi mengatakan, peristiwa dalam video itu terjadi pada Selasa (27/4) siang. Pihaknya telah memediasi kedua belah pihak.

"Telah dilakukan rapat mediasi antara Bapak Roni Oktavian selaku jemaah masjid dengan ustad Abdul Rahman selaku Ketua DKM Masjid Al Amanah," tuturnya, Minggu (2/5).

Menurut Aloysius, Kapolsek Medan Satria telah menegur pengurus masjid agar tidak lagi melarang jemaah untuk menggunakan masker saat salat. Pasalnya, kondisi saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid 19.

"Kepada masing-masing pihak agar dapat berkomunikasi secara baik-baik," jelas dia.

Saat mediasi berlangsung, Roni Oktavian selaku jemaah masjid yang mengenakan masker, mengaku merasa tersinggung lantaran diusir saat akan melakukan ibadah salat Zuhur. Dia pun menegaskan siap mengambil jalur hukum jika kejadian itu terulang kembali.

Aloysius memaparkan, Ustaz Abdul Rahman sebagai salah seorang yang melarang penggunaan masker, menilai bahwa masjid tidaklah sama dengan pasar. Terlebih, dalam Al Quran disebutkan bahwa Allah pasti akan melindungi hambanya yang berada di dalam masjid, termasuk dari Covid-19.

Namun, Abdul Rahman menyatakan tidak akan lagi melarang warga menggunakan masker saat beribadah di masjid. "Semua sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara damai dan musyawarah," tandas Aloysius.

Reporter: Nanda Perdana Putra (Liputan6.com) [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini