Rumah Lawan Covid Tangsel Mulai Kewalahan Terima 200 Pasien per Hari

Jumat, 18 Juni 2021 11:59 Reporter : Kirom
Rumah Lawan Covid Tangsel Mulai Kewalahan Terima 200 Pasien per Hari Antrean ambulans di RSD Wisma Atlet. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Rumah Lawan Covid (RLC) Tangerang Selatan, mulai kewalahan menangani lonjakan pasien Covid-19 yang datang silih berganti setiap hari. Data terkini, sebanyak 200 orang yang datang ke RLC terkonfirmasi positif Covid-19 membutuhkan penanganan.

Koordinator RLC, Suhara Manullang, menjelaskan peningkatan angka kasus positif di RLC Tangerang Selatan, mencapai 700 persen.

"Jadi kalau dipersentasikan itu sekitar 700 persen. Di mana RLC sebelum hari raya itu maksimal 30 orang yang dirawat. Tapi sekarang sudah diangka 200-an. Bahkan sampai 250," terang Suhara Manullang dikonfirmasi, Jumat (18/6).

Kemudian pada pertengahan Juni 2021 atau pekan ke empat usai Lebaran terjadi lonjakan kasus luar biasa.

Hal itu ditengarai dari klaster mudik Lebaran dan silaturahmi. Meski sebelumnya terdapat klaster Asisten rumah tangga (ART) dan beralih ke klaster keluarga.

"Awal-awal itu ART, karena dia yang duluan mudik. Sekarang mulai muncul klaster keluarga. Kalau dilihat pasti karena mudik. Walaupun banyak yang saya tanya tidak, tapi mungkin dari yang mudik, silaturahmi bawa virus," kata dia.

Suhara menerangkan, sejak diresmikan pada pertengahan tahun 2020 hingga bulan Juni 2021 ini, RLC sudah merawat 3.000 orang pasien.

"Perlu disampaikan bahwa RLC sampai hari ini dari mulai diresmikan, hingga saat ini sudah merawat 3.000 orang. Sudah pulang 2.653 orang," terang Suhara. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini