Rizal Ramli: UU ITE Lebih Menyeramkan dari UU Kolonial Zaman Soeharto

Sabtu, 30 Maret 2019 19:00 Reporter : Moch. Andriansyah
Rizal Ramli: UU ITE Lebih Menyeramkan dari UU Kolonial Zaman Soeharto Rizal Ramli Jenguk Ahmad Dhani. ©2019 Merdeka.com/Moch Andriansyah

Merdeka.com - Ekonom senior Rizal Ramli menyebut Undang-Undang (UU) ITE jauh lebih menyeramkan dibanding UU di masa kolonial yang masih diterapkan Orde Baru (Orba): Hatzei Artikelen. Sebab, UU baru yang diterapkan pemerintah di era Reformasi itu dinilainya sangat anti-demokrasi.

"Hari ini ada UU ITE yang lebih dahsyat, lebih menyeramkan, lebih draconian yang dipakai untuk menangkap siapa pun," ungkap Rizal usai mengunjungi musisi Ahmad Dhani Prasetya di Rutan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Sabtu (30/3).

"Yang salah ngomong, yang salah menulis di sosial media, langsung bisa ditangkap. Ini jauh lebih menyeramkan dari pada UU kolonial zaman Soeharto," sambungnya tegas.

Bicara soal Orba, Rizal lalu mengenang masa lalunya saat masih berusia 22 tahun. Ketika aktif di dunia gerakan mahasiswa dia ditangkap oleh Pemerintahan Soeharto karena menulis buku putih.

"Saya diadili, ditangkap karena menulis buku putih perjuangan mahasiswa. Saya dipenjara satu setengah tahun," ungkapnya.

Waktu itu, lanjut Rizal, Pemerintahan Orba menggunakan UU warisan kolonial. Siapa yang menghina Ratu Belanda, bisa diadili dan dipenjara. "Di Belanda sendiri sudah tidak ada itu UU-nya, tapi Pemerintahan Soeharto menggunakan itu menangkap oposisi," kenangnya.

UU yang tak jauh beda, kini justru diterapkan di Pemerintah Joko Widodo ( Jokowi), yaitu UU ITE yang jauh lebih menyeramkan, dan korbannya adalah musisi Ahmad Dhani yang juga Caleg DPR RI asal Partai Gerimdra Dapil I Jawa Timur.

Dhani yang saat ini masih menjalani proses hukum di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya didakawa telah melakukan ujaran kebencian dengan mengatakan 'idiot' ke pendemo yang mengadangnya di Hotel Majapahit.

"Saya ingin mengunjungi Dhani. Apapun dia, seniman, apapun dia mencoba memperjuangkan demokrasi," tandasnya. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Ahmad Dhani
  2. Rizal Ramli
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini