Rizal Ramli Kritik Ridwan Kamil Sibuk Kampanye Jokowi

Selasa, 12 Maret 2019 20:47 Reporter : Aksara Bebey
Rizal Ramli Kritik Ridwan Kamil Sibuk Kampanye Jokowi Rizal Ramli datangi KPK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Rizal Ramli mengritik Ridwan Kamil terkait kinerjanya sebagai Gubernur Jawa Barat. Alih-alih fokus berbenah mengatasi masalah, mantan Wali Kota Bandung itu dianggap lebih sibuk berkampanye untuk Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Setelah terpilih menjadi gubernur, dia (Ridwan Kamil) sibuk jadi campaign managernya paslon 1 untuk Jabar. Padahal dia dipilih oleh warga Jabar untuk memimpin dan membereskan Jabar," kata Rizal Ramli saat ditemui usai mengisi acara dialog kebangsaan di kawasan Jalan Hasanudin, Kota Bandung, Selasa (12/3).

Selain itu, Rizal Ramli mengaku belum melihat strategi dari Ridwan Kamil membuat Jabar berkembang pesat. Terlebih, sebagai salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbesar, Jabar belum pernah menonjol secara ekonomi meski punya sumber daya alam.

"70 Persen uang beredar itu di Jabotabek. Harusnya Jabar kebagian dampaknya. Tapi dalam sejarah hanya Jatim yang pertumbuhan ekonominya 2 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional. Jabar pas-pasan," terangnya.

Rizal mengakui punya ekspektasi tinggi kepada Ridwan Kamil. Sebagai sosok intelektual dan pernah mengenyam pendidikan tinggi, seharusnya Ridwan Kamil memiliki strategi dalam sebuah blueprint atau cetak biru bagaimana Jabar bisa lebih maju lebih hebat, atau pertumbuhan ekonominya bisa terus di angka dua persen di atas rata-rata nasional.

Daripada sibuk mengurus kampanye Jokowi, Ridwan kamil disarankan mengentaskan kemiskinan di Jabar, terutama di wilayah Jabar Selatan.

"Sampai hari ini saya belum baca blueprint nya, masa gubernur kerjaannya cuma bikin taman doang. Mana tim akselerasi saya kagak lihat programnya enggak pernah ada," terangnya.

"Saya mau bertanya, kalau nanti Prabowo jadi presiden, berani enggak dia mengundurkan diri, atau datang minta maaf," katanya. [dan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini