Rio Capella, eks Sekjen NasDem hirup udara bebas

Kamis, 22 Desember 2016 14:36 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Rio Capella, eks Sekjen NasDem hirup udara bebas Rio Capella bebas dari LP Sukamiskin. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella akhirnya menghirup udara bebas. Rio keluar dari Lapas Sukamiskin klas IA Bandung usai menjalani hukuman selama satu tahun dua bulan penjara.

"Benar Rio Capella bebas hari ini karena sudah mendapati (persetujuan) dari Kanwil Jabar berdasarkan persetujuan Ditjen Pas," kata Kalapas Sukamiskin Dedi Handoko saat dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (22/12).

Rio meninggalkan lapas sekitar pukul 10.00 WIB tadi. Rio disambut ratusan anggota ormas XTC Indonesia Kota Bandung dengan sukacita. Untuk diketahui Rio merupakan Dewan Kehormatan XTC Indonesia.

Ditemui di salah satu rumah makan, Rio mengaku lega bisa kembali menghirup udara bebas. Selama ini Rio sudah menjalani hukuman 1 tahun 2 bulan, dari vonis hakim selama 1 tahun 6 bulan.

"Saya jalani hukuman selama 1 tahun 2 bulan atau tepatnya 425 hari," kata Rio, Kamis (22/12).

Mantan Sekjen Partai NasDem itu sebelumnya divonis 1 tahun 6 bulan oleh hakim Pengadilan Tipikor Jakarta pada 21 Desember 2015 karena dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999.

Rio terjerat kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait proses penanganan perkara bantuan daerah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal sejumlah badan usaha milik daerah di Provinsi Sumatera Utara oleh Kejaksaan.

Dalam kasus ini, Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti, diduga memberi uang Rp 200 juta kepada Rio melalui Fransisca Insani Rahesti, salah satu staf di kantor OC Kaligis.

Uang tersebut diberikan kepada Rio agar dirinya mau membantu "mengamankan" kasus bansos yang ditangani Kejaksaan Agung. Nama Gatot tercantum sebagai tersangka perkara tersebut.

[sho]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini