Reaksi Erick Thohir & Jokowi Ketika Garuda Diterpa Isu Pelecehan Seksual

Jumat, 13 Desember 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Reaksi Erick Thohir & Jokowi Ketika Garuda Diterpa Isu Pelecehan Seksual Erick Thohir rapat dengan Komisi VI DPR. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Satu persatu 'aib' internal maskapai Garuda Indonesia terbongkar. Pertama masalah penyelundupan onderdil Harley Davidson keluaran 1970-an dan sepeda Brompton yang didatangkan dari Prancis. Penyelundupan tersebut berbuntut pemecatan empat direksi Garuda Indonesia, salah satunya Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara.

Kemudian kabar adanya pelecehan seksual di kalangan awak kabin Garuda Indonesia. Masalah ini beredar setelah cuitan di Twitter dari akun @digeeembok. Akun tersebut menyebut sejumlah petinggi PT Garuda Indonesia sengaja memanfaatkan para pramugari perusahaan BUMN tersebut.

"Gerombolan Ari Akshara, Heri Akhyar dan Roni Eka Mirsa adalah TRIO LENDIR. Roni Eka Mirsa adalah 'PROVIDER' paham banget manfaatin celah Pramugari untuk jadi santapan direktur atau setoran ke Pejabat," tulis akun @digeeembok.

Kabar adanya pelecehan tersebut langsung ramai menjadi perbincangan publik. Menteri BUMN Erick Thohir hingga Presiden Jokowi pun angkat suara.

1 dari 4 halaman

Erick Thohir Ancam Pecat

Menteri BUMN Erick Thohir akan menindak tegas para pejabat perusahaan pelat merah yang melakukan pelecehan seksual terhadap pegawai perempuan. Hal ini sebagai tindak lanjut dari dugaan adanya eksploitasi yang dilakukan pejabat Garuda Indonesia kepada pramugari.

Erick menyadari bahwa belum ada hukum mengenai eksploitasi perempuan di BUMN. Dia akan mengkaji opsi pemecatan terhadap pejabat BUMN yang melakukan pelecehan seksual.

"Kalau di Amerika itu nanti saya pelajari, bisa diberhentikan. Apalagi kalau ada pegawai wanita yang jelas-jelas sudah ada seksual harrasment itu," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir Janji Lindungi Pegawai Perempuan Garuda

Tak hanya itu saja, Menteri BUMN Erick Thohir juga memastikan melakukan pencegahan pelecehan seksual hingga memberikan perlindungan bagi para pegawai wanita yang bekerja di Garuda Indonesia.

"Kita ke depan saya rasa nanti awal tahun, kita juga akan memastikan (pencegahan) seksual harrasment kepada pegawai perempuan di BUMN itu, harus benar-benar kita tingkatkan," jelas Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/12).

"Sudah seyogyanya kaum wanita ini harus mendapatkan proteksi yang jelas. Apalagi dari pimpinan-pimpinan yang tidak baik lah," kata dia.

3 dari 4 halaman

Jokowi: Kasus Pelecehan Garuda Indonesia Urusan Polisi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan berkomentar banyak terkait kasus dugaan pelecehan seksual terhadap pramugari Garuda Indonesia. Jokowi menyebut masalah ini bukan lagi ranah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melainkan menjadi urusan polisi.

"Itu bukan urusannya BUMN lagi. Udah seperti Itu urusannya polisi," kata Jokowi usai meninjau pembangunan proyek LRT Jabodebek, Kamis (12/11).

4 dari 4 halaman

Petinggi Garuda Indonesia Laporkan Akun @digeeembok

Vice President Cabin Crew PT Garuda Indonesia Roni Eka Mirsa melaporkan akun media sosial @digeeembok ke polisi. Laporan itu dilayangkan ke Polresta Bandara Soekarno Hatta pada 6 Desember 2019 kemarin.

"Benar sudah dilaporkan oleh yang bersangkutan ke Polresta Bandara Soekarno Hatta," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra, Rabu (11/12).

Asep menerangkan, polisi sedang memproses laporan tersebut. Polisi akan memintai keterangan pemilik akun @digeeembok.

"Saat ini sudah dalam upaya-upaya penyelidikan untuk memastikan tindak pidana yang dilakukan oleh akun tersebut," ujar dia. [dan]

Baca juga:
Sekarga Sebut Kunjungan ke Prancis Karena Diajak Manajemen Garuda Indonesia
Aksi Bersih-bersih Menteri BUMN Bikin Saham Garuda Indonesia Menguat
Perkuat Struktur Bisnis, Garuda Indonesia Berencana Hapus Penerbangan ke Eropa
Cuitan @Digeeembok Viral, Begini Respons Serikat Pekerja Garuda Indonesia
Jokowi Sebut Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Garuda Urusan Polisi
Serikat Pekerja Serahkan Kasus Garuda Indonesia Diproses Aparat Hukum dan Pemerintah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini