Ratusan Hektare Daratan di Pesisir Jabar Jadi Lautan

Jumat, 1 Juli 2022 05:00 Reporter : Aksara Bebey
Ratusan Hektare Daratan di Pesisir Jabar Jadi Lautan Ridwan Kamil pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Subang. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ratusan hektare tanah di Jawa Barat yang dulunya daratan kini berubah menjadi laut. Hal ini merupakan salah satu efek dari perubahan iklim.

Ia mencontohkan, di sekitar Pantai Pondok Bali, Desa Mayangan, Legonkulon, Kabupaten Subang ada 192 hektare daratan kini sudah menjadi laut. Kemudian di pesisir Bekasi, air laut kini menggenangi 400 hektare daratan.

"Di sini 192 hektare lahan yang dulunya daratan sudah jadi laut, di Kabupaten Bekasi juga 400 hektare, dengan berbagai sebab, seperti proyek maupun pemanasan global," ucap dia saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) Tingkat Provinsi Jabar, Kamis (30/6).

Wilayah Jabar memiliki panjang pantai mencapai hingga 400 kilometer. Pemprov Jabar sedang memetakan pantai mana saja yang berpotensi terkikis air laut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menanami mangrove.

2 dari 2 halaman

Tanam Mangrove dengan Masif

Ridwan Kamil menambahkan, pesisir selatan Jabar memiliki kontur daratan curam, berbeda dengan wilayah pesisir utara lebih rendah yang memudahkan air laut naik ke darat.

"Dampak dari pemanasan global sudah hadir di halaman Jabar yang menghilangkan tanah menjadi laut. Karena itu gerakan menanam mangrove di utara Jabar harus masif," terang dia.

"Selatan tipenya lebih curam sehingga tidak menyebabkan hilangnya tanah. Maka penanaman jutaan mangrove fokus di utara terlebih di momen hari lingkungan hidup," kata dia.

Masifnya gerakan penanaman mangrove di seluruh pesisir utara Jabar dapat mengurangi potensi hilangnya lahan dalam beberapa tahun ke depan.

"Dalam beberapa tahun ke depan, mudah-mudahan mengurangi hilangnya lahan sehingga masyarakat bisa meneruskan masa depannya dengan lebih baik," pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Apa Manfaat Hutan Bakau? Ini Penjelasannya dari Kementerian Kelautan & Perikanan
Membudidayakan Hutan Bakau di TWA Mangrove Angke Kapuk
Puluhan Ribu Hektare Hutan Mangrove di Pantura dalam Kondisi Rusak
Kodim 1611 Badung, QNET, dan RYTHM Foundation Tanam 2000 Bakau untuk Hari Lingkungan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini