Presiden SBY jadi pembicara kunci pada forum APEC

Sabtu, 8 September 2012 06:24 Reporter : Anwar Khumaini
Presiden SBY jadi pembicara kunci pada forum APEC presiden SBY tiba di China. AFP PHOTO / Ed Jones

Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Sabtu siang dijadwalkan akan menyampaikan pandangan dalam forum bisnis di rangkaian KTT APEC di Pulau Russky, Vladivostok, Rusia.

Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada wartawan mengatakan, Presiden Yudhoyono akan menjadi salah satu pembicara kunci dalam pertemuan yang bertajuk APEC CEO Summit 2012.

"Siang nanti, Bapak Presiden akan menjadi salah satu pembicara kunci dalam forum CEO APEC," kata Julian, seperti ditulis antara, Sabtu (8/9).

APEC CEO Summit merupakan salah satu rangkaian kegiatan KTT APEC 2012. Pertemuan itu menghadirkan puluhan pimpinan perusahaan swasta dari negara-negara anggota APEC dan berdiskusi dengan pimpinan negara atau menteri anggota APEC mengenai pengembangan bisnis, upaya liberalisasi perdagangan dan juga pembangunan ekonomi kawasan serta kerjasama antar negara atau kerjasama antara negara dan swasta.

Forum pertemuan bisnis tersebut sudah berlangsung sejak Kamis (6/9) dengan tema pembahasan di hari pertama mengenai investasi di Rusia.

Presiden Yudhoyono akan menyampaikan pandangan di forum tersebut pada Sabtu siang pukul 13:00 waktu setempat atau pukul 09:00 WIB. Sebelum Presiden Yudhoyono, juga menyampaikan pidato Presiden China Hu Jintao pada pukul 09:00 waktu setempat.

Pada hari yang sama, Presiden Meksiko Felipe Calderon juga hadir dalam pertemuan CEO tersebut namun tidak menyampaikan pidato melainkan masuk ke dalam sesi APEC Leader Interaction. Menlu AS Hillary Clinton pun direncanakan masuk sesi leader interaction tersebut.

Sepanjang penyelenggaraan APEC CEO Summit 2012 tidak seluruh kepala negara atau pemerintahan menyampaikan pidatonya, hanya Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (7/9), Presiden RRC Hu Jintao dan Presiden Yudhoyono.

Sementara Presiden Vietnam Truong Tang Sang, Presiden Cili Sebastian Pinera, Pemimpin Taiwan Lien Chan, PM Australia Julia Gillard menjadi salah satu pembicara dalam beberapa sesi yang berlangsung hingga Sabtu.

Selain Presiden Yudhoyono, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga akan menjadi salah satu pembicara dalam sesi Health is Wealth dengan partisipan lain CEO Orion Health Ian McCrae, Chief Research and Strategy Officer Microsoft Craig Mundie, CFO Johnson&Johnson Dominic Caruso.

Sementara itu Group Co-CEO dan pimpinan PT Indika Energy Wishnu Wardhana akan menjadi salah satu pemandu dalam sesi penutupan CEO Summit bersama ketua CEO Summit APEC Rusia Andrey Kostin. Wishnu Wardhana akan menjadi pimpinan APEC CEO Summit 2013 saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT APEC 2013 mendatang. [war]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden SBY
  2. APEC
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini