Presiden Jerman Bahas Ancaman Krisis Pangan Dunia di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 16:21 Reporter : Purnomo Edi
Presiden Jerman Bahas Ancaman Krisis Pangan Dunia di UGM Presiden Jerman saat mengunjungi UGM. ©2022 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Presiden Jerman Frank-Walrer Steinmeier mengunjungi UGM, Jumat (17/6). Kunjungan Steinmeier ke UGM dalam rangkaian kunjungan kenegaraan yang ia lakukan sebagai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jerman.

UGM menjadi satu-satunya universitas yang dikunjungi Steinmer selama kunjungan di Indonesia. Dalam kunjungannya ke universitas tertua di Indonesia ini, Steinmeier menyaksikan pameran produk penelitian serta mengikuti diskusi bertajuk "Food Security, Global Challenges, and Dependencies" di Balai Senat UGM.

Steinmeier mengatakan, dirinya mempunyai ketertarikan pada isu tentang krisis dan ketahanan pangan. Dalam beberapa kunjungan ke negara lain, dirinya melihat bagaimana menghadapi krisis pangan.

"Saya bukanlah seorang ahli, tetapi saya sangat tertarik dengan isu ini. Saya banyak bepergian, dan di negara-negara yang saya kunjungi saya melihat bagaimana kita berhadapan dengan krisis pangan," kata Steinmeier di UGM.

2 dari 2 halaman

Dukung Program Pangan Dunia

Steinmeier menyampaikan bahwa Jerman merupakan salah satu pendukung utama Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP). Menurutnya, hal itu bukan sesuatu yang perlu dibanggakan karena merupakan dukungan yang memang selayaknya diberikan oleh masyarakat internasional.

Steinmeier menegaskan jika pemerintah Jerman mempunyai kesiapan serta kepedulian untuk membantu negara-negara dunia dalam menghadapi krisis pangan.

"Kita harus menganalisa apa akar dari permasalahan ini. Dan kami ingin mengetahui, dukungan seperti apa yang diharapkan dari kami," urai Steinmeier. [yan]

Baca juga:
Kagumnya Presiden Jerman Naik Candi Borobudur hingga Nikmati Cerita soal Relief
Ke Yogyakarta, Presiden Jerman akan Datangi UGM hingga Keraton
Presiden Jerman Kunjungi UGM, Pastikan Kerja Sama Berjalan Baik
Jokowi Kembali Tawarkan Jerman Bangun Kawasan Industri Khusus di Indonesia
Keakraban Jokowi dan Presiden Jerman saat Bertemu di Istana Bogor
Bertemu Presiden Federal Jerman, Jokowi Bahas Ekonomi dan Situasi Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini