Prediksi Puncak Omicron pada Februari-Maret, Menkes Minta Masyarakat Tak Khawatir

Jumat, 21 Januari 2022 16:18 Reporter : Purnomo Edi
Prediksi Puncak Omicron pada Februari-Maret, Menkes Minta Masyarakat Tak Khawatir Menkes Budi Gunadi Sadikin. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menkes Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak penularan Omicron pada Februari dan Maret 2022. Namun, Menkes meminta masyarakat tak perlu panik, karena meskipun cepat meningkat, kasus Omicron diketahui cepat pula turunnya.

"Di seluruh dunia memang Omicron ini cirinya naiknya cepat dan naiknya tinggi. Jadi kita harus siap-siap. Tapi teman-teman tidak usah panik tidak usah khawatir. Catatan satu lagi, selain naiknya cepat dan tinggi, turunnya juga cepat. Yang dirawat di rumah sakit juga rendah," papar Budi Gunadi di Kabupaten Bantul, Jumat (21/1).

Budi Gunadi meminta kepada masyarakat untuk siap berperang dengan varian Omicron ini. Dia meminta agar peningkatan prokes dan masyarakat menerima vaksin booster.

2 dari 2 halaman

Surveilans Harus Tetap Jalan

Dia juga meminta agar surveilans harus tetap berjalan. Karena itu, kepala daerah juga tidak perlu khawatir jika ada peningkatan kasus.

"Jadi tidak usah takut dites. Pak Bupati tidak apa-apa itu tesnya naik. Kalau naik, nanti pergerakan dikurangi. Kalau tes yang penting isolasi saja, dia kan cepat sembuh," papar Budi Gunadi.

"Harusnya asal kita cepat tahu, diisolasi supaya tidak menular. Insyaallah harusnya banyak yang sembuh. Yang masuk rumah sakit itu tadi, 30 persen dari varian Delta. Yang wafat 1 atau 2 persen di bawah dari Delta. Jadi rendah sekali sebenarnya," imbuh Budi Gunadi. [yan]

Baca juga:
Data Polisi: Sembilan Warga Jateng Terpapar Varian Omicron
Respons Kemenkes soal Viral Suntikan Kosong Vaksinasi Anak di Medan
Kasus Omicron di Kota Tangerang Bertambah, Transmisi Lokal Terbanyak
Ribuan Pengunjung Padati Pantai Brasil di Tengah Ledakan Covid-19
Cegah Lonjakan Omicron, Mendagri Minta Camat di Pekanbaru Kebut Vaksin Booster & Anak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini