Porter Bandara I Gusti Ngurah Rai Curi Rp5 Juta Milik Penumpang di Bagasi Pesawat

Sabtu, 4 Februari 2023 20:02 Reporter : Moh. Kadafi
Porter Bandara I Gusti Ngurah Rai Curi Rp5 Juta Milik Penumpang di Bagasi Pesawat Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepolisian Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, menangkap I Kadek A (20) yang bekerja sebagai pengangkat barang atau porter karena mencuri uang Rp5 juta di bagasi maskapai Super Air Jet. Pelaku ditangkap di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, setelah kepolisian mendapat laporan.

Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti mengatakan, pelaku yang bekerja sebagai porter ini awalnya mendapat tugas untuk menghandle atau menurunkan bagasi pesawat rute penerbangan Bandung-Denpasar pada tanggal 26 Januari 2023 sekitar pukul 12.30 WITA. Kemudian, diketahui penumpang atau korban bernama Yudi Nuryadi kehilangan uangnya

"Saat itu pelaku dan teman-temannya mendapat tugas di dalam koparteman (perut pesawat), di antara tumpukan bagasi, pelaku melihat satu tas ransel. Kemudian diangkatlah tas tersebut dan tangannya merasakan ada bendelan kertas di saku bawahnya," kata AKBP Ayu Wikarniti, Sabtu (4/2).

Selanjutnya, pelaku membuka resleting tas tersebut dan mendapati sejumlah uang pecahan Rp50 ribu sebanyak 100 lembar langsung memasukan ke dalam lipatan celananya.

"Perbuatan pelaku ini baru diketahui saat ia sedang makan tiba-tiba di datangi oleh karyawan cargo dan seketika ia mengeluarkan uang yang diambil itu dari saku celananya. Selanjutnya ia diamankan di kantor sekuriti dan melaporkannya ke Polres Bandara," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan termasuk mendalami CCTV yang akhirnya dua hari kemudian tanggal 28 Februari 2023 korban selaku pemilik tas tersebut dapat diketahui bernama Yudi Nuryadi asal Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.

"Pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara jadi total uang korban yang diambil pelaku sebanyak Rp 5 juta," ujarnya.

Pihaknya, juga mengimbau kepada masyarakat khususnya para calon penumpang pesawat udara untuk lebih berhati-hati terhadap bagasi yang dibawa demi keamanan lengkapi dengan kunci pengaman dan ikuti aturan serta imbauan dari petugas sehingga hal serupa tidak terjadi lagi.

"Ikuti aturan saja dan jangan menaruh uang dan barang berharga lainnya di dalam bagasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

[eko]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini