Polisi sita bahan baku bom panci dari rumah terduga teroris Bandung

Rabu, 12 Juli 2017 21:24 Reporter : Dian Rosadi
Polisi sita bahan baku bom panci dari rumah terduga teroris Bandung Barang bukti terduga teroris di Cibolerang. ©2017 merdeka.com/dian rosadi

Merdeka.com - Polisi menggeledah rumah terduga teroris AAS (sebelumnya ditulis A) yang berlokasi di Kompleks Cibolerang Blok C 49 RT 04 RW 04, Kelurahan Margahayu Utara Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Rabu (12/7) petang. Dari hasil penggeledahan di lokasi tersebut, polisi menemukan bahan baku pembuatan bom panci.

"Kita temukan bahan bakunya aseton dan ada beberapa bahan baku yang lain. Aseton adalah bahan baku bom panci," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di lokasi penggeledahan.

AAS sendiri telah ditangkap oleh tim Densus 88 di wilayah Cibiru Kota Bandung pada Selasa (11/7) malam. AAS diduga memiliki keterlibatan dengan jaringan bom panci AW di Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Menurut Yusri, AAS ini memiliki peran bersama Kodar (26) dan Agus Wiguna (22) membuat perencanaan peledakan bom di beberapa tempat. AAS juga membantu merakit bom bersama Agus Wiguna.

"AAS ini perannya merencanakan dan membantu membuat bom, tapi semuanya pembuatannya di tempat kos AW. Termasuk merencanakan membuat di sana. Tetapi di sini ada kita temukan bahan baku ini. Yang membuat AW bersama-sama (AAS dan K), tapi otaknya yang mengendalikan AW," katanya.

Barang bukti terduga teroris di Cibolerang ©2017 merdeka.com/dian rosadi

Bom panci yang dibuat oleh jaringan Agus Wiguna Cs ini rencananya akan diledakkan di tiga tempat, yakni gereja di Buahbatu, rumah makan di Astana Anyar, dan sebuah kafe di Braga.

"Rencananya bom panci akan diledakkan pada 16 Juli nanti di salah satu cafe di Jalan Braga, yang dua lain bukan bom panci yang digunakan. Bom bentuknya bom kaleng dia rencanakan," pungkasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini