Polisi Kesulitan Ungkap Pelaku Pembuang Limbah Medis di Gianyar Bali

Rabu, 9 Juni 2021 12:22 Reporter : Moh. Kadafi
Polisi Kesulitan Ungkap Pelaku Pembuang Limbah Medis di Gianyar Bali Mencari Limbah Masker Rumah Tangga. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Laorens Rajamangapul Heselo mengatakan, polisi hingga kini masih kesulitan mengungkap pembuangan limbah medis di Kelurahan Bitera karena tidak ada saksi yang melihat.

"Masih kita proses dan masih penyelidikan. Kesulitan karena memang saksi tidak ada yang melihat barang itu saat dibuang.(Tidak) ada yang melihat siapa yang membuang itu sampah. Itu salah satu faktor, tapi kita masih cari dan cek," kata Laorens, saat dihubungi Rabu (9/6).

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan untuk hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gianyar, Bali, belum ada hasil apakah itu limbah medis dari Rumah Sakit atau dari dokter praktik mandiri.

Kemudian, di sekitar TKP juga tidak ditemukan adanya praktik dokter mandiri. Namun, pihaknya akan terus menelusuri sehingga bisa diungkap.

"Di sekitar wilayah tidak ada. Iya kita tetap saja, namanya proses penyelidikan tetap jalan kalau ada informasi kita kembangkan lagi. Itu saja," ujar AKP Laorens.

Seperti yang diberitakan, warga di Kelurahan Bitera, Kabupaten Gianyar, Bali, dikagetkan dengan sejumlah limbah medis berupa botol dan tali infus hingga jarum suntik.

Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Laorens Rajamangapul Heselo membenarkan adanya temuan limbah medis itu, pada Minggu (30/5).

"Iya, benar memang ada temuan. Kemarin, anggota turun ke TKP," kata Laorens.

Ia menerangkan, saat ditemukan ada beberapa bungkus plastik yang berisi limbah medis, ada obat, selang infus, perban, kemudian masker, dan saat ini sudah diamankan atau dititipkan di RS Sanjiwani, Gianyar, Bali.

"Kami titip di rumah sakit, di penitipan limbah medis di RS Sanjiwani Gianyar. Dari limbah medis itu beratnya sekitar 35 kg saat ditimbang," imbuhnya.

Lewat temuan itu, pihaknya masih belum bisa siapa oknum yang membuang limbah medis tersebut dan masih dilakukan penyelidikan.

"Kami masih masih dalam lidik untuk mengetahui siapa yang membuang itu. Jadi, apakah yang buat itu dari rumah sakit atau bukan kami belum memastikan," ujarnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Limbah Medis
  3. Gianyar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini