Polda Sumut Soal KLB Demokrat: Kami Tidak Mencampuri Urusan Internal Partai

Jumat, 5 Maret 2021 20:42 Reporter : Merdeka
Polda Sumut Soal KLB Demokrat: Kami Tidak Mencampuri Urusan Internal Partai KLB Demokrat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat berlangsung di Hotel The Hill Sibolangit. Polisi tegaskan tak ikut campur.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi menyampaikan, kepolisian dalam hal ini hanya melakukan pengamanan demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Kami tidak mencampuri urusan internal partai, yang kami jaga adalah situasi kamtibmas agar tetap kondusif, tentu dengan melakukan langkah-langkah Polri yang presisi agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan Polri bertanggungjawab akan hal itu," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3).

Hadi menyampaikan, sejumlah personel dari Polrestabes Medan dan Polda Sumut telah bersiaga selama KLB Partai Demokrat di Sibolangit. Menurut dia, situasi saat ini terpantau kondusif.

"Kami bekerja secara profesional dan proporsional yang sejalan dengan tuntutan hukum, demokratisasi, keadilan dan kebenaran, serta hak asasi manusia. Kondisi aman dan kondusif, tidak ada berbuat anarkis apalagi memancing keributan di Sumut," papar dia.

Hadi menerangkan, personel tetap siaga di lokasi kongres guna mengantisipasi gangguan kamtibmas. Hadi menyampaikan penyelenggara memang telah mengirimkan surat pemberitahuan KLB ke Polda Sumut. Tetapi oleh Polda Sumut tidak menerbitkan rekomendasi izinnya. Sehingga Mabes Polri juga tidak menerbitkan izinnya.

Sementara itu, Hadi kembali menegaskan, Polda Sumut hanya mengantisipasi terjadinya benturan di antara kedua pihak baik yang pro maupun yang kontra terhadap KLB.

"Polda Sumut mengajak kedua belah pihak untuk menjaga kamtibmas kondusif di wilayah hukum Sumut. Apabila masing-masing pihak merasa tidak terima atas pelaksanaan KLB, silakan menempuh berdasarkan jalur hukum sebagai wujud masyarakat taat hukum," dia menandaskan.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini