Polda Jabar prediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 dan H-3

Kamis, 30 Juni 2016 12:01 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Polda Jabar prediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 dan H-3 Aher apel kesiapan mudik lebaran. ©2016 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Polda Jawa Barat memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 2016 terjadi pada H-4 dan H-3, atau pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7). Peningkatan kendaraan di akhir pekan tersebut lantaran para PNS dan pegawai sudah memasuki masa libur.

"Kemungkinan besar kita prediksi Sabtu-Minggu ini puncak arus mudik karena sudah mulai cuti bersama kan," kata Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Sugihardi, usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya 2016, di Lapang Tegalega, Kota Bandung, Kamis (30/6).

Menghadapi musim mudik dan balik ini pihaknya mengaku sudah sangat siap. Apalagi Jabar merupakan wilayah strategis dilalui, baik mereka yang hendak menuju Jawa Tengah atau Sumatera.

Selain itu Jabar juga merupakan tempat tujuan, sehingga pengamanan akan dimaksimalkan. Dalam operasi Ramadniya 2016 ini, 30 ribu personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan.

Dia menambahkan, dari segi sarana dan prasarana juga sudah lebih lengkap. Kalaupun ada kemacetan parah cara bertindak sudah dikoordinasikan agar, Jabar tidak lumpuh dari kendaraan yang hendak melintas.

"Kita sudah rapat koordinasi dan mengecek sarana prasarana jalan, kita siapkan cb-cb (cara bertindak) kalau terjadi kepadatan di titik-titik tertentu, mudah-mudahan roda kendaraannya tidak sampai tidak bergerak," terangnya.

aher apel kesiapan mudik lebaran

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, optimis terhadap kesiapan menghadapi musim mudik dan balik Idul Fitri 2016. Sebab menurut dia, salah satu jalur bakal dipadati pemudik, Tol Cipali, kini sudah lebih lengkap dari segi pelayanan.

"Operasi tahun ini lebih siap saja. Karena tahun lalu Tol Cipali yang baru dibuka dengan segala kekurangannya. Sekarang sudah selesai. Lebih komplet, tempat peristirahatan juga sudah bagus," kata Aher di lokasi sama.

Aher melihat langsung kesiapan para aparat. Dia yakin Polri, TNI dan sejumlah pihak yang terlibat di dalamnya bisa maksimal dalam pengamanan tahun ini. Dalam tinjauan tersebut Aher didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito.

"Semoga pengabdian pada negara ini bisa mendapatkan anugerah yang melimpah kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian dan memberikan pelayan kepada masyarakat," terangnya.

Aher berharap, pengamanan dan pengawalan mudik Lebaran tahun ini dapat menjadi indikator kesuksesan untuk tahun tahun berikutnya. "Petugas kalau saya siap dengan kondisi apapun dilapangan," lanjutnya.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan, Polri mulai hari langsung disebar untuk menempati titik-titik pengamanan dan pengawalan di jalur mudik. "Mulai hari ini seluruh pasukan sudah disebar untuk menempati poskonya masing-masing" kata Yusri. [ary]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini